Jenis, Cara, dan Syarat Daftar Beasiswa LPDP

by
Syarat Daftar

indonesiaartnews.or.id – Beasiswa LPDP adalah salah satu beasiswa paling bergengsi di Indonesia yang diminati oleh ribuan mahasiswa, kali ini kami akan membahas cara dan syarat daftar nya. Beasiswa ini menawarkan peluang untuk belajar di universitas ternama baik di dalam negeri maupun luar negeri. Selain biaya pendidikan, beasiswa LPDP juga mencakup biaya hidup, makan, transportasi, dan berbagai kebutuhan lainnya. Mari kita pahami lebih lanjut tentang beasiswa LPDP, jenis-jenisnya, persyaratan, dan cara mendaftarnya.

” Baca Juga: Bukan Mobile Legends! Inilah Game Moba Honor of Kings “

Pengertian Beasiswa LPDP

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Program ini bertujuan untuk membantu calon mahasiswa Indonesia melanjutkan pendidikan di jenjang sarjana (S1), magister (S2), dan doktoral (S3) di perguruan tinggi dalam atau luar negeri yang bermitra dengan LPDP. Beasiswa ini mencakup berbagai komponen seperti biaya pendidikan, biaya hidup, makan, transportasi, dan asuransi.

Jenis-Jenis Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP terbagi menjadi empat program utama: beasiswa targeted, beasiswa umum, beasiswa afirmasi, dan beasiswa kolaborasi. Setiap program ini memiliki beberapa kategori. Beasiswa Kolaborasi diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk mendorong semangat belajar melalui berbagai program kolaborasi. Beasiswa Umum terdiri dari Beasiswa Reguler yang ditujukan untuk jenjang magister dan doktor bagi WNI melalui prosedur yang ditentukan oleh LPDP; Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD), yang memberikan kesempatan bagi WNI untuk menempuh pendidikan magister dan doktor di perguruan tinggi utama dunia; dan Beasiswa Parsial, yang menawarkan skema pendanaan bersama antara LPDP dan mahasiswa penerima beasiswa.

Baca Juga :   Pengertian Pendidikan Formal, Informal, dan Nonformal

Syarat-Syarat Daftar Beasiswa LPDP

Untuk mendaftar LPDP, berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi: Warga Negara Indonesia (WNI), telah menyelesaikan pendidikan sarjana (S1)/diploma empat (D4) untuk beasiswa magister atau langsung doktor, memiliki Letter of Admission/Acceptance (LoA) unconditional dari perguruan tinggi tujuan, tidak sedang menerima beasiswa lain yang berpotensi double funding, memilih perguruan tinggi dan program studi sesuai ketentuan LPDP, memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan persyaratan bahasa sesuai ketentuan, menyertakan surat pernyataan dan profil diri, dan mempunyai sertifikat kemampuan bahasa Inggris sesuai persyaratan.

Syarat-Syarat Khusus

Beberapa persyaratan khusus lainnya meliputi: batas usia pendaftar maksimal 35 tahun untuk magister dan 40 tahun untuk doktor per 31 Desember tahun pendaftaran, mengunggah berkas IPK sesuai ketentuan, mengunggah sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang diterbitkan paling lambat 2 tahun terakhir, dan melampirkan surat rekomendasi dari akademisi atau tokoh masyarakat.

” Baca Juga: Pembatalan Kenaikan UKT oleh Mendikbud Ristek “

Syarat Daftar

Setelah memenuhi semua persyaratan, berikut langkah-langkah mendaftar LPDP: daftar secara online melalui situs LPDP. Lengkapi dan unggah seluruh persyaratan berkas pada aplikasi pendaftaran, submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi. Pastikan dokumen pendukung yang diunggah masih berlaku dan sesuai ketentuan. Dengan memahami informasi ini, semoga calon penerima beasiswa LPDP dapat mempersiapkan diri dengan baik dan berhasil memperoleh beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi.

No More Posts Available.

No more pages to load.