Akreditasi Unggul UAI dan Implikasinya Bagi Mahasiswa

by
UAI

indonesiaartnews.or.id – Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) berhasil meraih Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada Selasa, 4 Juni 2024. Akreditasi ini merupakan pencapaian tertinggi yang diberikan kepada perguruan tinggi yang telah memenuhi berbagai kriteria ketat dari BAN-PT. Rektor UAI, Prof. Asep Saefuddin, menekankan bahwa pencapaian ini bukan hanya sekadar formalitas, tetapi mencerminkan peningkatan kualitas yang signifikan dalam berbagai aspek universitas, termasuk dalam mutu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Menurut Prof. Asep, pencapaian ini adalah bukti bahwa UAI memiliki tata kelola yang unggul dan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas di semua lini.

” Baca Juga: Kominfo Bantah Terlibat dalam Elaelo sebagai Pengganti Twitter “

Implikasi Akreditasi Unggul bagi Mahasiswa

Pencapaian Akreditasi Unggul ini memiliki dampak yang signifikan bagi mahasiswa UAI. Prof. Asep menjelaskan bahwa dengan belajar di universitas yang berakreditasi unggul, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman pendidikan yang berkualitas tinggi. Mereka tidak hanya dilayani oleh tata kelola yang unggul, tetapi juga akan keluar dengan cara berpikir yang lebih maju dan superior. Hal ini penting karena mereka dilatih untuk memiliki pemikiran yang tidak hanya mengedepankan mediokritas, tetapi lebih ke arah keunggulan dan superioritas. Lulusan UAI akan memiliki kredensial yang setara dengan lulusan perguruan tinggi negeri (PTN) ternama, membuka peluang lebih besar untuk berkarier di sektor swasta, pemerintahan, atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Akreditasi sebagai Budaya di UAI

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Zirmansyah, menambahkan bahwa pencapaian ini akan menjadi bagian dari budaya UAI. Akreditasi unggul tidak hanya terkait dengan peningkatan mutu, tetapi juga menjadi standar yang harus diinternalisasi oleh seluruh civitas akademika. Diharapkan, pencapaian ini dapat mendorong peningkatan kualitas layanan pendidikan dan memberikan kontribusi yang lebih besar kepada masyarakat, bangsa, dan negara. UAI berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, baik dalam aspek akademik maupun kemahasiswaan, guna menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten secara akademis tetapi juga memiliki soft skill yang diperlukan untuk sukses di dunia kerja.

Baca Juga :   Indonesia dan Finlandia Kompak dalam Ekonomi & Pendidikan

Perjalanan Panjang Menuju Akreditasi Unggul

Mencapai akreditasi unggul bukanlah proses yang mudah dan instan. UAI telah mempersiapkan diri sejak tahun 2021, bertepatan dengan periode kedua Prof. Asep menjabat sebagai rektor. Berbagai persiapan dilakukan, mulai dari menyamakan visi dan misi, mengadakan pelatihan untuk dosen, hingga memenuhi berbagai persyaratan administratif. Prof. Asep menekankan pentingnya kerja keras dan dedikasi dari seluruh pihak di lingkungan kampus, termasuk dosen, tenaga kependidikan, alumni, dan mahasiswa. UAI juga melakukan berbagai kerjasama dengan universitas di dalam dan luar negeri. Serta perusahaan swasta dari berbagai negara, untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian.

Penilaian oleh BAN-PT

BAN-PT, sebagai lembaga yang bertugas memastikan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Telah melakukan proses asesmen lapangan di UAI pada 30 Mei 2024. Para asesor, termasuk Prof. Muhammad Nasir, Prof. Budi Murtiyasa, Prof. Angkasa, dan Prof. Asaril Muhajir. Menilai berbagai aspek dari universitas, mulai dari manajemen hingga penjaminan mutu internal. Kepala Badan Penjaminan Mutu UAI, Hanny Nurlatifah, menjelaskan bahwa akreditasi dari BAN-PT adalah jaminan kualitas bagi masyarakat. Menunjukkan bahwa UAI dikelola dengan baik dan memiliki mutu yang terjaga.

Dampak Akreditasi Unggul bagi Lulusan

Dengan diraihnya akreditasi unggul, lulusan UAI tidak hanya memiliki kredensial yang diakui. Tetapi juga membuka peluang yang lebih besar untuk berkarier di berbagai sektor. Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya, Ade Suryanti, menyatakan bahwa lulusan UAI kini memiliki kesempatan yang setara dengan lulusan dari perguruan tinggi negeri untuk bekerja di pemerintahan atau BUMN. Sementara itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Faisal Hendra. Menekankan bahwa pencapaian ini akan meningkatkan mutu akademik dan kemahasiswaan. Termasuk dalam pengembangan soft skill dan penyediaan fasilitas yang mendukung pembelajaran maksimal.

Baca Juga :   Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan di Indonesia

” Baca Juga: Spring Summer 2025, Regency Biyan Wanaatmadja “

Kesimpulan dan Harapan untuk Masa Depan

Dengan pencapaian akreditasi unggul ini, UAI telah membuktikan dirinya sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia. Masyarakat, terutama di Jakarta, kini memiliki lebih banyak pilihan untuk memilih universitas Islam yang memiliki kualitas pendidikan yang tinggi. Harapannya, UAI akan terus berupaya meningkatkan kualitas dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi dunia pendidikan di Indonesia.

No More Posts Available.

No more pages to load.