Indonesia dan Finlandia Kompak dalam Ekonomi & Pendidikan

by
Indonesia dan Finlandia

indonesiaartnews.or.id – Indonesia dan Finlandia merayakan 70 tahun hubungan diplomatik yang kokoh, yang ditandai dengan kesepakatan untuk memperkuat kerja sama di berbagai bidang strategis seperti ekonomi, pendidikan, dan energi terbarukan. Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, menegaskan pentingnya Finlandia sebagai mitra utama Indonesia di kawasan Nordik. Dalam pernyataan tertulis yang disampaikan pada Jumat, 14 Juni 2024, Retno menyatakan bahwa hubungan kedua negara terus berkembang dan menunjukkan peningkatan yang signifikan. Bersama dengan Menteri Luar Negeri Finlandia, Elina Valtonen. Retno membahas beberapa isu penting yang menjadi fokus kerja sama bilateral kedua negara, termasuk investasi, pendidikan, dan energi hijau.

” Baca Juga: Kominfo Intensifkan Edukasi Bahaya Judi Online melalui SMS Blast “

Peningkatan Perdagangan dan Investasi

Salah satu topik utama yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah bidang perdagangan dan investasi. Finlandia telah lama menjadi salah satu mitra dagang utama Indonesia di wilayah Nordik. Dan nilai perdagangan antara kedua negara terus menunjukkan peningkatan yang signifikan. Bahkan telah melampaui angka sebelum pandemi. Retno menyebutkan bahwa pada tahun 2023, nilai investasi Finlandia di Indonesia mencapai 713 juta dolar Amerika Serikat (AS). Yang menunjukkan kenaikan sebesar 22 persen dibandingkan dengan tahun 2019, tahun sebelum terjadinya pandemi Covid-19. Kedua negara sepakat untuk terus mendorong investasi besar di sektor-sektor strategis, termasuk energi hijau dan pengembangan kota pintar (smart cities).

Kerja Sama Pendidikan yang Semakin Diperkuat

Selain ekonomi, kerja sama di bidang pendidikan juga menjadi fokus utama dalam diskusi antara Indonesia dan Finlandia. Retno mengungkapkan bahwa bersama dengan Menteri Luar Negeri Finlandia. Dirinya menyambut baik penyelenggaraan pertemuan pertama Kelompok Kerja Bersama Indonesia-Finlandia mengenai Pendidikan Tinggi dan Pengembangan Kapasitas Guru pada September tahun lalu. Kedua negara sepakat untuk terus memperkuat kerja sama pendidikan melalui berbagai inisiatif seperti pertukaran pengajar dan mahasiswa, penelitian bersama, dan program beasiswa. Kerja sama ini diharapkan tidak hanya memperkuat hubungan bilateral. Tetapi juga memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan di kedua negara.

Baca Juga :   Jenis, Cara, dan Syarat Daftar Beasiswa LPDP

Fokus pada Energi Terbarukan

Isu energi terbarukan juga menjadi agenda penting dalam pertemuan ini. Finlandia dikenal memiliki keunggulan dan kapasitas yang kuat di bidang energi hijau. Dan kedua negara sepakat untuk memanfaatkan potensi ini dalam kerja sama yang lebih erat. Salah satu proyek yang sudah disepakati adalah pembangunan pabrik pengolahan biomassa menjadi energi di Merauke, Papua. Yang melibatkan kerja sama antara perusahaan swasta Indonesia, Medco Group, dan perusahaan teknologi Finlandia, Valmet Technologies. Pabrik ini diproyeksikan akan memiliki kapasitas sekitar 3,5 megawatt dan diharapkan mampu mengurangi penggunaan minyak diesel hingga 27,5 juta liter dalam lima tahun ke depan. Retno menekankan bahwa kerja sama ini harus segera direalisasikan dan berharap dapat membuka peluang untuk kolaborasi lebih lanjut di sektor energi hijau.

” Baca Juga: Pembagian Daging Kurban di Masjid Sunda Kelapa “

Pengembangan Smart Cities dan Investasi di IKN

Kerja sama dalam pengembangan kota pintar juga menjadi perhatian kedua negara. Retno mengungkapkan bahwa saat ini sudah ada nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Otoritas Ibu Kota Negara (IKN) dengan Kementerian Ekonomi Finlandia. MoU ini diharapkan dapat membuka pintu untuk kerja sama lebih lanjut dalam pembangunan IKN, terutama dalam hal investasi dari Finlandia. Retno berharap bahwa MoU ini akan menjadi dasar yang kuat untuk kolaborasi lebih lanjut dalam pengembangan infrastruktur cerdas dan berkelanjutan di IKN. Yang sejalan dengan visi Indonesia untuk membangun ibu kota baru yang modern dan ramah lingkungan.

Kesepakatan ini mencerminkan komitmen kuat kedua negara untuk memperkuat hubungan bilateral dan mengeksplorasi berbagai peluang kerja sama yang saling menguntungkan. Dengan fondasi kerja sama yang kuat di bidang ekonomi, pendidikan, dan energi. Indonesia dan Finlandia diharapkan dapat terus mempererat hubungan diplomatik mereka dan bersama-sama menghadapi tantangan global di masa depan.

Baca Juga :   Transformasi Digital Pendidikan Indonesia: AI dan Tantangannya

No More Posts Available.

No more pages to load.