Jambore Nasional Ibu Pertiwi oleh Mentari Group, ASTA, dan Untar

by
Jambore Nasional Ibu Pertiwi

indonesiaartnews.or.id – Mentari Group, ASTA Ilmu Publishing, dan Universitas Tarumanagara (Untar) menyelenggarakan sebuah acara bertajuk “Jambore Nasional Bersama Ibu Pertiwi” yang berlangsung di Kampus Untar, Jakarta. Tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan menanamkan nilai-nilai Pancasila pada siswa sekolah dasar di seluruh Indonesia. Jambore ini merupakan bagian dari program berkelanjutan yang terkait dengan buku “Ibu Pertiwi”. Yang telah diterbitkan oleh ASTA Ilmu Publishing sejak tahun 2021. Program ini bertujuan untuk membantu pendidikan karakter di Indonesia dengan fokus pada penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

” Baca Juga: Topologi Jaringan Komputer: Pengertian, Jenis, Fungsi, Cara Kerja “

Partisipasi Siswa dan Guru dari Berbagai Sekolah

Acara ini melibatkan 112 peserta yang terdiri dari siswa, kepala sekolah, dan guru dari berbagai sekolah dasar yang ada di wilayah Jabodetabek. Para siswa diajak untuk berpartisipasi dalam kegiatan kreatif yang bertujuan untuk memperlihatkan bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, para guru mengikuti diskusi kelompok (Forum Group Discussion) yang bertujuan untuk membahas metode dan cara-cara menanamkan nilai-nilai Pancasila pada siswa melalui kegiatan kreatif dan menyenangkan. Diskusi ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi para guru dalam mengajar nilai-nilai Pancasila kepada siswa. Sehingga mereka dapat menjadi generasi yang cerdas dan memiliki karakter yang kuat.

Komitmen untuk Pendidikan Karakter

Jambore Nasional Bersama Ibu Pertiwi ini adalah wujud nyata dari komitmen Mentari Group, ASTA Ilmu Publishing, dan Universitas Tarumanagara. Dalam upaya membangun generasi muda Indonesia yang memiliki karakter Pancasila. Kegiatan ini menggunakan metode belajar sambil bermain, salah satunya melalui program permainan “Ular Tangga Pancasila”. Permainan ini dirancang sedemikian rupa sehingga setiap tantangan yang dihadapi oleh pemain adalah cerminan dari penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Program ini merupakan inisiatif kreatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana Pancasila seharusnya diterapkan. Khususnya oleh anak-anak dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Baca Juga :   PPDB Khawatir Ribuan Anak Jakarta Terancam Tak Dapat Sekolah

Natalina Rimba, Direktur Program Pelajar Berkreasi dari Mentari Group, menyatakan bahwa “Jambore Bersama Ibu Pertiwi bertujuan untuk menumbuhkan karakter anak berdasarkan nilai-nilai Pancasila seperti cinta damai, tanggung jawab, kebijaksanaan, kerja keras, gotong royong, dan persatuan Indonesia.” Natalina juga menambahkan bahwa karakter-karakter ini sangat penting bagi anak-anak untuk masa depan yang lebih baik. Ia menegaskan bahwa Mentari Group berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pembentukan pribadi anak-anak bangsa. Yang berkarakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar dari program Ibu Pertiwi.

Dukungan dari Universitas Tarumanagara

Kurnia Setiawan, Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Tarumanagara, menjelaskan bahwa Program Pembangunan Karakter berjudul Ibu Pertiwi hadir sebagai jawaban atas tantangan dan kebutuhan para pendidik dalam hal pembangunan karakter yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Ia berharap program ini dapat menghasilkan generasi muda yang unggul dan cerdas dengan karakter yang kuat sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Melalui permainan Ular Tangga Pancasila, siswa dapat belajar tentang nilai-nilai Pancasila sambil bermain, serta belajar bersosialisasi dan bergotong royong. Kurnia menekankan pentingnya pendidikan Pancasila yang dimulai sejak usia dini. Agar dapat menjadi dasar yang kuat untuk melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Kegiatan dan Apresiasi dalam Acara Jambore

Pada puncak acara “Jambore Nasional Bersama Ibu Pertiwi,” peserta tidak hanya bermain Ular Tangga Pancasila. Tetapi juga berkesempatan untuk berinteraksi dan menggali inspirasi melalui kunjungan ke pameran proyek yang diselenggarakan oleh seluruh peserta yang hadir. Acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seru seperti permainan yang menjadi ajang untuk bekerja sama antar peserta yang berasal dari berbagai sekolah yang berbeda. Selain itu, juga diadakan diskusi yang diikuti oleh para guru dan diakhiri dengan pemberian apresiasi dari Mentari Group dan ASTA Ilmu Publishing kepada semua peserta yang hadir.

Baca Juga :   Mendorong Literasi di Papua: WVI Hadirkan Inisiatif Baru

” Baca Juga: Jennifer Lopez Dan Ben Affleck Jual Rumah Mewah “

Dengan kegiatan yang menyenangkan dan edukatif ini, diharapkan para peserta, baik siswa maupun guru. Dapat membawa pulang pengalaman yang berharga dan semangat untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Acara ini juga menunjukkan komitmen yang kuat dari berbagai pihak dalam membangun pendidikan karakter yang berkualitas untuk generasi muda Indonesia.

No More Posts Available.

No more pages to load.