Ciri Khusus Burung Murai Batu Kalimantan

by

Bagi yang hobi merawat burung, mengetahui ciri-ciri dari setiap jenis merupakan hal yang wajib. Untuk mendapatkan informasi burung ini, ada banyak cara yang dapat dilakukan. Anda bisa langsung bertanya pada ahlinya mengenai ciri burung yang diinginkan.

Pada kesempatan kali ini kami mencoba mengulas mengenai ciri burung Murai Batu Kalimantan. Dengan adanya informasi ini, anda tidak perlu lagi bertanya pada ahlinya. Meskipun begitu, anda bisa menggali informasi ditempat lain jika dirasa kurang puas.

Seperti yang diketahui, ada banyak jenis burung Murai yang ditemukan saat ini. Sekilas semuanya mirip, namun sebenarnya berbeda jika diperhatikan lebih detail. Perbedaan yang dimaksud bukan dari tubuh, bulu, atau ekor saja, namun juga ada lainnya.

Burung Murai Batu Kalimantan lebih banyak diminati daripada jenis Murai lainnya. Alasannya bukan hanya memiliki kicauan yang merdu dan khas, namun juga harganya relatif murah. Harga untuk burung yang masih muda atau belum sering berkicau antara ratusan ribu rupiah.

Jika Murai Kalimantan sering berkicau atau istilahnya gacor, maka harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Bagi pemula dan masih baru menggeluti hobi merawat burung, mengetahui ciri khusus Burung Murai Kalimantan berikut sepertinya wajib dilakukan!

Ekor Lebih Pendek

Berbeda dengan jenis Murai lain yang umumnya memiliki ekor lebih panjang. Burung Murai Kalimantan justru memiliki ekor yang terlihat cukup pendek. Perbandingan ini hanya berlaku pada semua jenis burung atau spesies Murai yang ditemukan.

Masih dari segi ekor, setidaknya ada 4 ekor yang berwarna putih. Seperti yang diketahui, sebagian besar jenis Murai memiliki ekor berwarna hitam. Khusus untuk spesies yang kita bahas kali ini terdapat 4 bulu putih yang letaknya tidak berjauhan.

Baca Juga :   Kominfo Buka Kembali Akses PayPal untuk “Sementara”

Dada Besar dan Gemuk

Ciri Murai Kalimantan selanjutnya bisa dilihat dari ukuran dada yang lebih besar dan terlihat gemuk. Ekornya lebih pendek, namun dadanya besar sebenarnya sudah cukup untuk membedakan jenis burung yang semakin hits ini.

Ukuran dada akan semakin besar ketika burung sedang berkicau. Ini dikarenakan bulunya yang mengembang di bagian dada diiringi dengan suara yang keluar. Ukurannya terlihat sedikit lebih mengecil ketika tidak berkicau, namun tetap lebih besar dibandingkan jenis lain.

Ukuran Tubuh Relatif Kecil

Dari banyaknya jenis yang ditemui, Murai Batu Kalimantan termasuk yang memiliki ukura paling kecil. Ukuran ini terhitung ketika dewasa, atau setidaknya usia bakalan yang siap dirawat. Anda bisa membandingkan usianya dengan besar badan yang dimiliki.

Jika ingin membelinya, silahkan bertanya pada penjual tentang berapa usia burung yang dimaksud. Atau anda bisa melihat bulu halus yang ada di bawah sayap dan ekor. Biasanya usia dewasa tidak banyak memiliki bulu halus, berbeda dengan usia remaja.

Penting sekali untuk mengetahui ciri khusus burung Murai Batu Kalimantan sebelum anda membelinya. Pasalnya, tidak sedikit penjual yang mengatakan bahwa burung tersebut adalah jenis lain yang harganya mahal. Tentunya anda rugi karena tidak sepadan dengan apa yang didapatkan.

No More Posts Available.

No more pages to load.