Kebijakan UKT Itera: Keadilan dan Dukungan Ekonomi Mahasiswa

by
UKT

indonesiaartnews.or.id – Institut Teknologi Sumatera (Itera) Lampung menegaskan keputusannya untuk tidak menaikkan uang kuliah tunggal (UKT) di tengah kontroversi yang sedang berlangsung. Mereka mengungkapkan bahwa kebijakan penetapan Uang Kuliah Tunggal di Itera. Didasarkan pada indikator kemampuan ekonomi orangtua mahasiswa yang dijelaskan oleh Rektor Itera Lampung, Nyoman Pugeg Aryantha. Sebagai sebuah skema pembiayaan kuliah yang bertujuan untuk menciptakan keadilan. Menurutnya, kebijakan ini tidak hanya mempertimbangkan kemampuan ekonomi orangtua atau wali mahasiswa. Tetapi juga memberikan perhatian khusus kepada mahasiswa dari keluarga kurang mampu.

” Baca Juga: Penggerebekan Pengedar Narkoba di Koja, Jakarta Utara “

Skema UKT yang Berkeadilan

Indikator penetapan Uang Kuliah Tunggal di Itera mencakup berbagai faktor, termasuk penghasilan orangtua, biaya hidup keluarga, dan kebutuhan primer lainnya. Berdasarkan faktor-faktor tersebut, UKT kemudian dikelompokkan ke dalam 12 golongan dengan rentang tarif mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 9.500.000 per semester. Rata-rata besaran UKT bagi mahasiswa Itera berada dalam kisaran Rp 4.000.000–Rp 5.000.000 per semester. Nyoman menegaskan bahwa jumlah mahasiswa yang berada dalam golongan UKT tertinggi di Itera tidak melebihi 10 persen dari total mahasiswa.

Komitmen Terhadap Kemampuan Ekonomi Mahasiswa

Nyoman menyambut baik kebijakan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi yang membatalkan rencana kenaikan Uang kuliah tunggal di perguruan tinggi negeri. Meskipun Itera tidak melakukan peningkatan Uang kuliah tunggal. Mereka tetap berkomitmen untuk melaporkan skema penetapan Uang kuliah tunggal yang diterapkan di kampus. Selain itu, Itera Lampung tetap berkomitmen untuk mengakomodasi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu. Melalui program beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Serta memberikan UKT rendah sesuai dengan kemampuan ekonomi.

Baca Juga :   Sidang Lanjutan Kasus Pemerasan dan Gratifikasi Syahrul Yasin

” Baca Juga: Kenaikan Saham NVIDIA Dorong Indeks Nasdaq ke Level Tertinggi “

Jalur Koreksi UKT dan Pembuktian Pendukung

Untuk membantu mahasiswa yang merasa keberatan dengan besaran UKT yang harus dibayarkan, Itera menyediakan jalur koreksi UKT. Namun, mahasiswa perlu menyertakan bukti pendukung yang akan diverifikasi langsung oleh panitia penerimaan mahasiswa baru. Dengan demikian, Itera Lampung berkomitmen untuk menjaga keadilan dan kesetaraan akses pendidikan bagi semua mahasiswa, tanpa mengorbankan kemampuan ekonomi keluarga mereka. Ini mencerminkan dedikasi Itera dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan berkeadilan.n kemampuan ekonomi keluarga mereka.

No More Posts Available.

No more pages to load.