Penataan Kawasan Arena Publik Borarsi di Manokwari

by
penataan kawasan Arena

indonesiaartnews.or.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang menyelesaikan proyek penataan kawasan Arena Publik Borarsi di Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat. Terletak di pusat kota, Lapangan Borarsi akan menjadi pusat untuk upacara pembukaan berbagai acara skala nasional dan internasional di Papua Barat. Serta mendukung aktivitas publik masyarakat Manokwari seperti olahraga, pariwisata, dan kegiatan kebudayaan. Peletakan batu pertama untuk proyek ini telah dilakukan secara seremonial pada 12 September 2023. Dengan waktu pembangunan yang direncanakan selama 360 hari kalender. Hingga 26 Mei 2024, progres fisik proyek ini telah mencapai 56,54 persen, dan target penyelesaiannya adalah pada tahun 2024.

” Baca Juga: PBNU Bentuk Perusahaan Tambang Baru Konsesi dari Pemerintah “

Dukungan Infrastruktur dan Kearifan Lokal

Penataan Arena Publik Borarsi diharapkan dapat menciptakan ruang publik yang selaras dengan karakteristik dan kearifan lokal budaya daerah setempat. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menyatakan bahwa penataan kawasan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang baik bagi para pengunjung. Hal ini disampaikan melalui situs resmi Kementerian PUPR pada Kamis, 6 Juni 2024. Proyek ini merupakan upaya untuk mengoptimalkan ruang terbuka publik yang sudah ada dengan menyediakan fasilitas yang aman, nyaman, dan modern.

Pengembangan Desain dan Fasilitas

Pengembangan desain landmark di Lapangan Borarsi melibatkan pemanfaatan lahan seluas 24.940 meter persegi dan luas bangunan 4.903 meter persegi. Penataan dimulai dengan renovasi bangunan utama dan panggung utama, serta peremajaan lapangan, tribun penonton, dan jalur pedestrian. Selain itu, fasilitas pendukung seperti lapangan basket, lapangan gateball, ruang bermain anak, area parkir, sistem drainase, lansekap penghijauan, dan sarana pengelolaan sampah juga dibangun. Proyek penataan kawasan Arena Publik Borarsi ini berada di bawah tanggung jawab Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Papua Barat. Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, dengan PT Irma Tiara Putra sebagai kontraktor pelaksananya.

Baca Juga :   Komitmen Partai Politik dalam Pilpres 2024

Anggaran dan Sumber Dana

Anggaran untuk pembangunan sarana dan prasarana ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2023-2024 dengan nilai kontrak sebesar Rp 67,3 miliar. Dengan proyek ini, pemerintah berharap dapat menyediakan ruang publik yang representatif dan multifungsi bagi masyarakat Manokwari. Sekaligus mendukung pelaksanaan berbagai acara besar yang dapat meningkatkan citra dan perekonomian daerah.

” Baca Juga: Erling Haaland Lewati Kane dan Mbappe dengan 22 Hat-trick “

Melalui penataan yang komprehensif dan berkelanjutan, kawasan Arena Publik Borarsi diharapkan tidak hanya menjadi pusat aktivitas publik. Tetapi juga simbol modernisasi dan perhatian terhadap pelestarian budaya lokal di Papua Barat.

No More Posts Available.

No more pages to load.