Investasi China di Indonesia Mencapai Rp 451,7 Triliun

by
Investasi

indonesiaartnews.or.id – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengungkapkan bahwa investasi dari China selama empat tahun terakhir mencapai 28,4 miliar dolar AS, atau sekitar Rp 451,7 triliun dengan kurs Rp 15.905 per dolar AS. Informasi ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kemenperin, Eko S.A. Cahyanto, dalam acara “Indonesia-China Trade International Cooperation Seminar and Business Matching” yang diadakan di Gedung Kemenperin, Jakarta, pada Kamis, 16 Mei 2024. Menurut Eko, sektor manufaktur mengambil porsi terbesar dari investasi tersebut, yakni sebesar 54 persen atau 15,4 miliar dolar AS.

” Baca Juga: Respon Risma Jadi Salah Satu Kandidat Cagub DKI dari PDIP “

Strategi Pemerintah Indonesia

Pemerintah Indonesia terus menerapkan strategi reformasi untuk menciptakan lebih banyak peluang kerja sama ekonomi dan perdagangan dengan China. Eko menjelaskan bahwa pemerintah memastikan kemudahan berinvestasi bagi investor baru dari China dengan memberikan berbagai insentif pajak. Insentif tersebut meliputi tax holiday, tax allowance, dan super deduction tax, yang difasilitasi oleh pemerintah untuk memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, baik bagi investor maupun Indonesia.

Pengembangan SDM Industri

Selain itu, Eko juga mengungkapkan bahwa Kementerian Perindustrian telah berhasil mencetak 38.387 tenaga kerja industri melalui program pelatihan SDM industri dan pendidikan vokasi industri sepanjang tahun 2023. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga kerja di sektor industri. Guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan industri di Indonesia.

Harapan untuk Kerja Sama yang Lebih Baik

Eko menekankan bahwa kehadiran delegasi dari China dalam acara tersebut sangat penting dan sejalan dengan keinginan pemerintah Indonesia. Ia berharap bahwa delegasi dari kedua negara dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk menjalin jaringan kerja sama dan investasi yang lebih kuat dalam pengembangan industri di Indonesia dan China. Menurutnya, acara seperti ini merupakan platform yang efektif untuk memperkuat hubungan ekonomi dan perdagangan antara kedua negara. Sekaligus membuka lebih banyak peluang investasi di masa depan.

Baca Juga :   BRI Raih Dua Penghargaan atas Kontribusi Ekonomi dan Sosial

” Baca Juga: Kasus Pembunuhan Vina Dewi Dan Muhammad Rizky “

Kesimpulan

Secara keseluruhan, investasi China di Indonesia menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Dengan strategi reformasi yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia dan berbagai insentif pajak yang ditawarkan. Diharapkan investasi ini dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang besar bagi kedua negara. Peningkatan jumlah tenaga kerja terampil di sektor industri juga diharapkan dapat mendukung pertumbuhan industri di Indonesia. Sekaligus menarik lebih banyak investor dari China untuk berinvestasi di negara ini. Dengan demikian, kerja sama ekonomi dan perdagangan antara Indonesia dan China dapat semakin kuat dan memberikan dampak positif bagi perekonomian kedua negara.

No More Posts Available.

No more pages to load.