BRI Imbau Jaga Transaksi Pembayaran dengan BRIMerchant

by

indonesiaartnews.or.id – Di era digital yang semakin canggih, berbagai modus penipuan terus bermunculan, termasuk dalam sektor keuangan dan transaksi pembayaran. Salah satu modus terbaru yang menjadi perhatian adalah penipuan menggunakan QRIS palsu. QRIS, atau Quick Response Code Indonesian Standard, adalah metode pembayaran yang semakin populer di Indonesia. Namun, dengan meningkatnya penggunaan QRIS, muncul pula ancaman penipuan yang harus diwaspadai oleh masyarakat, terutama para merchant yang menggunakan sistem ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang imbauan dari BRI kepada masyarakat terkait keamanan transaksi melalui aplikasi BRIMerchant, serta cara menghindari penipuan QRIS palsu.

” Baca Juga: Teguran TNI Terkait Keributan Taksi Online di Bandara Makassar “

Modus Penipuan QRIS Palsu

Penipuan QRIS palsu adalah salah satu modus baru yang digunakan oleh penipu untuk mengelabui merchant dan konsumen. Dalam penipuan ini, pelaku menggunakan kode QR palsu yang meniru identitas pedagang, jenis barang, dan jumlah transaksi. Kode QR tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga tampak seperti kode yang sah, sehingga saat pelanggan melakukan pembayaran, mereka berpikir bahwa transaksi telah berhasil dilakukan. Namun, kenyataannya, uang yang seharusnya diterima oleh merchant tidak masuk ke rekening yang dituju, melainkan ke rekening milik penipu.

Penipuan ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kerugian finansial yang signifikan bagi para merchant. Terlebih lagi, QRIS palsu biasanya menyerang merchant yang menggunakan QRIS statis. QRIS statis adalah kode QR yang bersifat tetap dan biasanya ditampilkan dalam bentuk stiker atau cetakan. Kode ini hanya di-generate sekali dan digunakan untuk berbagai transaksi. Karena sifatnya yang statis, QRIS ini rentan terhadap pemalsuan.

Baca Juga :   Indonesia dan Finlandia Kompak dalam Ekonomi & Pendidikan

Langkah Pencegahan Penipuan QRIS

Andrijanto, Direktur Retail Funding and Distribution BRI, menjelaskan bahwa untuk menghindari penipuan QRIS palsu, para merchant harus rutin memonitor transaksi pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan mereka. Merchant harus memastikan bahwa setiap transaksi telah diterima dan masuk ke rekening yang terafiliasi dengan QRIS statis yang mereka gunakan. Dengan melakukan pemantauan yang rutin, merchant dapat segera mengetahui apabila ada transaksi yang mencurigakan atau tidak sah.

Penggunaan aplikasi BRIMerchant sangat membantu dalam hal ini. Aplikasi ini merupakan solusi yang komprehensif bagi merchant BRI untuk memantau transaksi mereka. Melalui aplikasi BRIMerchant, merchant dapat dengan mudah mengecek status pembayaran dan memastikan bahwa pembayaran dari pelanggan telah diterima dengan benar. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan notifikasi transaksi yang dapat membantu merchant untuk segera mengetahui apabila ada transaksi yang berhasil atau gagal.

Fitur dan Manfaat Aplikasi BRIMerchant

Aplikasi BRIMerchant merupakan one stop solution yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan para merchant BRI. Aplikasi ini memiliki tiga fitur utama yang sangat berguna, yaitu monitoring detail transaksi, pengunduhan laporan settlement, dan manajemen pengguna. Dengan fitur monitoring transaksi, merchant dapat melihat detail transaksi yang dilakukan, termasuk status dan jumlahnya. Fitur ini memungkinkan merchant untuk memastikan bahwa setiap transaksi telah dilakukan dengan benar dan dana telah diterima.

Selain itu, fitur laporan settlement memungkinkan merchant untuk mengunduh laporan transaksi secara berkala, sehingga mereka dapat memantau arus kas dengan lebih baik. Fitur manajemen pengguna memberikan kemampuan kepada pemilik merchant untuk mengatur akses pengguna lain, menambahkan atau menghapus pengguna, serta mengubah status pengguna. Hal ini sangat berguna terutama bagi bisnis yang memiliki banyak karyawan yang perlu mengakses sistem.

Baca Juga :   KBRI Singapura Menggelar Forum Kebijakan Ekonomi Indonesia

Menggunakan BRIMerchant untuk Keamanan Transaksi

Dengan fitur-fitur yang ada di aplikasi BRIMerchant, para pelaku usaha, baik dari kalangan UMKM maupun bisnis skala besar, dapat dengan mudah memantau riwayat transaksi mereka. Aplikasi ini memungkinkan pemantauan transaksi secara harian dengan kurun waktu hingga tiga bulan terakhir. Fitur tambahan seperti notifikasi transaksi dan top-up saldo kartu uang isi ulang juga memberikan kemudahan bagi merchant dalam mengelola keuangan mereka.

Untuk dapat menggunakan aplikasi BRIMerchant, para merchant hanya perlu mengunduhnya melalui Google Play Store. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan dapat diakses oleh semua merchant yang memiliki rekening di BRI. Dengan menggunakan aplikasi ini, merchant dapat meningkatkan keamanan dan efisiensi dalam melakukan transaksi, serta mengurangi risiko penipuan.

” Baca Juga: Kasus Pencurian Dengan Kekerasan Berujung Maut Di Grobogan “

Kesimpulan

Dengan meningkatnya penggunaan QRIS dalam transaksi pembayaran, ancaman penipuan QRIS palsu juga semakin meningkat. Oleh karena itu, BRI mengimbau masyarakat, terutama para merchant, untuk selalu waspada dan menjaga keamanan transaksi mereka. Penggunaan aplikasi BRIMerchant dapat membantu merchant untuk memantau transaksi dengan lebih efektif dan menghindari penipuan. Dengan langkah-langkah pencegahan yang tepat, kita dapat bersama-sama menciptakan ekosistem transaksi yang lebih aman dan terpercaya.

No More Posts Available.

No more pages to load.