Fashion Show Kreatif di Lapas Perempuan Malang

by
Lapas Perempuan Malang

indonesiaartnews.or.id – Suasana ceria memenuhi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Malang pada Rabu (24/4/2024) pagi, di mana belasan warga binaan pemasyarakatan (WBP) turut berpartisipasi dalam acara fashion show yang menampilkan pakaian kebaya dan kain jarik batik ecoprint. Kegiatan ini merupakan bagian dari acara Binar Asmaraloka Karya yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 dan hari Kartini.

” Baca Juga: Eksplorasi Wisata, Keindahan Gunung Indonesia “

Peserta dan Pesona Fashion Show

Acara fashion show dihadiri oleh 14 WBP, 14 petugas lapas, serta beberapa parade dari pejabat struktural. Mereka mempersembahkan karya-karya fesyen yang dibuat sendiri, menampilkan keindahan batik ecoprint sebagai produk unggulan Lapas Perempuan Malang. Kepala Lapas Perempuan, Yunengsih, menyatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang hiburan, tetapi juga pembinaan kemandirian bagi para WBP.

Ecoprint: Keindahan dari Alam

Proses pembuatan batik ecoprint di Lapas Perempuan Malang merupakan kegiatan harian yang melibatkan kreativitas para WBP. Teknik pewarnaan dan pemberian motif batik dilakukan menggunakan daun-daun tertentu yang diaplikasikan secara khusus ke kain. Yunengsih menjelaskan bahwa bahan dasar dan motif dari batik ecoprint ini bervariasi tergantung pada jenis kain yang digunakan. Proses ini melibatkan ketelitian yang tinggi untuk menghasilkan motif yang diinginkan.

Pemasaran Produk Batik Ecoprint

Produk kain batik ecoprint buatan para WBP Lapas Perempuan Malang telah dipasarkan ke berbagai instansi pemerintah dan swasta. Harga kain batik ecoprint bervariasi tergantung pada jenis kainnya, mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 250.000. Produk ini telah mendapat pesanan untuk berbagai keperluan, seperti cindera mata, seragam, dan hampers untuk acara-acara kenangan. Pemasaran produk ini juga memberikan kesempatan bagi para WBP untuk berkontribusi secara positif dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Baca Juga :   Insiden Tumpahan Oli di Jalan Raya Bogor

” Baca Juga: Pilihan Aplikasi Cloud Storage untuk Handphone Anda! “

Kesimpulan: Menyulap Keterbatasan Menjadi Peluang

Acara fashion show dan produksi batik ecoprint di Lapas Perempuan Malang tidak hanya memberikan hiburan bagi para WBP, tetapi juga memberikan peluang untuk mengembangkan keterampilan dan kreativitas mereka. Melalui kegiatan ini, mereka belajar untuk mandiri dan memanfaatkan potensi yang ada di sekitar mereka. Selain itu, pemasaran produk ini juga memberikan peluang bagi mereka untuk berkontribusi secara positif dalam masyarakat dan mempersiapkan diri untuk kembali ke kehidupan di luar penjara.

No More Posts Available.

No more pages to load.