Cara Sedata dalam Membuat Laporan Keuangan Toko

by

Seperti dalam situs sedata.co.id bahwa Toko kelontong biasanya membuat neraca keuangan dengan manual memakai buku khusus. Tetapi langkah ini pasti kurang ringkas serta lebih susah direkap. Untuk tersebut, diperlukan neraca keuangan toko kelontong excel yang pendataannya lebih gampang, cepat, dan hasilnya tepat.

Software Excel sendiri sebagai program pengolah angka yang dapat kerjakan hasil penghitungan secara automatis dalam kolom-kolom . Maka perhitungannya tak perlu memakai kalkulator dan formatnya yang sama dengan tabel dapat manfaatkan kolom didalamnya.

Langkah Membuat Laporan Keuangan Toko Kelontong Excel

Untuk yang telah terlatih menjalankan Microsoft Excel, sudah pasti dapat mengalihkan pola neraca keuangan dari buku ke program dengan benar-benar gampang. Tetapi untuk Kalian yang termasuk pemula, berikut cara gampang yang dapat diaplikasikan saat membuat neraca keuangan di Excel.

1. Membuat Document di Excel

Langkah awal ialah buka program Excel di piranti PC yang dipakai, lalu membuat document baru. Mengatur pola tulisan sesuai kemauan, tidak boleh terlampau besar atau kecil supaya saat diketik penampilannya nyaman disaksikan.

2. Tetapkan Elemen Laporan Keuangan Sesuai Macamnya

Neraca keuangan dari toko kelontong mempunyai bermacam tipe sesuai keperluan dan kepentingannya. Ada laporan berbentuk arus masuk, keluar, sampai neraca keuangan keuntungan rugi yang dirasakan toko.

Saat sebelum masuk ke tahapan seterusnya, tetapkan dulu tipe neraca keuangan yang ingin dibikin supaya bisa tentukan bagian utama yang ingin dicatat didalamnya dan ditata berbentuk tabel.

3. Buat Kolom Sama sesuai Jumlah Elemen yang Ingin Ditempatkan

Sesudah ketahui elemen apa yang penting dicatat, baru dapat membuat kolom dalam program Excel dalam jumlah sesuai elemen itu. Karena worksheet nya telah berbentuk kolom-kolom, Kalian cukup menebali kembali kolom itu dalam penataan.

Baca Juga :   Cara Download Video di Instagram Tanpa Aplikasi Dengan Mudah

Janganlah lupa memberikan judul dan info komplet di tiap kolom berkaitan elemen yang sebagai wakil data atau nominal angka di bawahnya.

4. Pola Tiap Kolom

Kolom yang telah ada masih perlu diformat kembali supaya data yang dicatat dalam kolom itu sesuai keperluan. Misalkan mengganti pola mata duit di kolom Excel yang awalannya dollar jadi rupiah supaya lebih gampang dibaca dan dihitung.

5. Catat Data Keuntungan dan Rugi

Janganlah lupa untuk membikin data keuntungan dan rugi dari beragam transaksi bisnis keuangan yang sudah dicatat dalam kolom. Urutkan data yang ada memakai feature Excel yang namanya sorting atau filter. Lantas masukan keuntungan dan rugi di kolom yang sama sesuai penjelasannya.

6. Revisi Laporan dengan Work Book

Untuk meminimalkan kekeliruan sesudah diciptakan, Excel sediakan feature yang mempermudah untuk koreksi data laporan yang telah ditempatkan. Di Work Book yang sudah usai dicatat, kalkulasi kembali dan yakinkan rumus penghitungan yang dimasukkan ke dalamnya telah betul.

7. Taruh Data dan Bikin Sama sesuai Keperluan

Seperti di bahas odac.co.id Sesudah semua data dilihat secara benar, langsung bisa di taruh dalam folder yang ada pada PC atau flash disk. Supaya terbebas dari resiko lenyap karena virus atau terformat, juga bisa simpan lewat cara online lewat google drive yang semakin aman.

Sesudah disimpan, baru neraca keuangan ini dapat diciptakan bila memang dibutuhkan untuk bahan penilaian dari toko kelontong yang diatur.

No More Posts Available.

No more pages to load.