Jenis-Jenis Chipset Mediatek yang Dipakai HP Saat Ini

by

Indonesiaartnews.or.id – Mediatek, industri yang berpangkalan di Shanghai merupakan salah satu produsen chipset buat ponsel pintar. Tidak semacam Qualcomm, Mediatek fokus pada pengembangan chipset yang lebih terjangkau nama lain biaya produksinya lebih ekonomis bila dibanding dengan chipset dari produsen lain.

Aspek ini yang setelah itu membuat handphone dengan chipset Mediatek umumnya biayanya lebih terjangkau. Tetapi, butuh diketahui, Mediatek mempunyai image yang kurang bagus karena dahulu kerap memperkenalkan chipset yang kilat panas serta keahlian tidak sangat cepat.

Belum lama, Mediatek berbenah serta melahirkan chipset yang lebih bagus serta senantiasa terjangkau. Tidak abnormal bila sedang banyak vendor handphone yang mengenakan chipset Mediatek. Satu perihal yang kira- kira parah serta membuat handphone dengan Mediatek kurang terkenal merupakan tertutupnya pangkal terbuka( source code).

Berlainan dengan chipset lain, Mediatek menutup source code mereka serta belum terdapat konsep buat membuka source code ke khalayak. Perihal ini membuat handphone Mediatek tidak sering memperoleh pembaruan Android terkini. Alasannya, buat memperoleh pembaruan, fitur Android itu wajib mempunyai isyarat pangkal. Bila vendor mau melaksanakannya, hingga vendor wajib melunasi terlebih dahulu ke Mediatek.

Terbebas dari perihal itu, Mediatek sedang senantiasa bertahan serta giat memproduksi chipset terkini. Dikala postingan ini terbuat, Mediatek telah memperkenalkan chipset dengan fabrikasi 6 nm. Pasti perihal ini terkategori bagus.

Tipe- tipe Chipset Mediatek

Chipset Mediatek sendiri terdapat banyak serta kira- kira susah dikategorikan. Penjulukan chipset Mediatek pula kurang bagus serta susah diketahui. Untungnya belum lama Mediatek membagikan julukan buat chipset mereka dengan julukan Helio. Buat lebih ketahui jenis chipset Mediatek Helio ini, silakan ikuti uraiannya selanjutnya ini.

Mediatek Dimensity

Mediatek Dimensity muncul selaku chipset yang mencampurkan rancangan” cerdas” serta penampilan dengan sokongan jaringan 5G. Dimensity ini dapat dikatakan merupakan pemodalan dari Mediatek buat bersaing di ranah jaringan 5G.

Mediatek Dimensity muncul mencampurkan konektivitas, multimedia, AI dan inovasi buat mutu lukisan yang bagus. Campuran ini yang membuat Dimensity muncul selaku chipset andalan Mediatek buat memperkenalkan chipset favorit serta pasti saja muncul dengan jaringan 5G.

Mediatek Dimensity muncul dengan sebagian seri. Terdapat Mediatek Dimensity 1000 series, Mediatek Dimensity 800 series, serta Mediatek Dimensity 700 series.

Mediatek Helio Gram Series

Bersamaan dengan kemajuan pabrik mobile gaming, Mediatek memandang perihal itu selaku antara buat memperkenalkan pemecahan: suatu chipset spesial buat gaming. Sebab itu, hadirlah Mediatek Helio Gram series.

Chipset ini memperkenalkan fitur serta teknologi buat tingkatkan pengalaman main game seluler serta pula visual yang nyata. Mediatek Helio Gram series pula muncul dengan penampilan multimedia serta kemampuan AI terkenal yang sebanding dengan Mediatek Helio seri yang lain.

Kedatangan Mediatek Helio Gram ini sendiri membuat banyak produsen handphone juga banyak mengenakan chipset dari Helio Gram. Sebagian produk dari Helio Gram antara lain merupakan Helio G90T, Helio G85, Helio G85, Helio G35 serta yang lain.

Mediatek Helio X Series

Saat sebelum kedatangan lini Dimensity serta Gram series Mediatek Helio X seri merupakan barisan chipset kategori atas dari Mediatek. Chipset dengan Helio X seri berarti merupakan chipset yang mempunyai penampilan cepat serta mutahir buat kategori Mediatek. Cuma saja chipset takluk reputasi bila dibanding Dimensity serta Gram series.

Ilustrasi chipset yang terdapat di kategori ini merupakan Helio X20, Helio X25, Helio X27, serta Helio X30. Helio X30 merupakan chipset Mediatek awal yang dibentuk dengan fabrikasi 10 nm. Dapat dikatakan, chipset dengan fabrikasi terkini hendak diawali di Helio X seri dahulu setelah itu diiringi oleh chipset Mediatek di seri lain.

Menilik teknologi fabrikasinya, kemajuan teknologi chipset Mediatek sesungguhnya kira- kira sedikit tertinggal. Alasannya, produsen chipset besar yang lain telah muncul dengan fabrikasi 8 nm serta 7 nm sedangkan Mediatek terkini masuk 10 nm. Tetapi, pasti saja tidak terdapat tutur telanjur buat mengawali.

Mediatek Helio P Series

Mediatek P series merupakan chipset Mediatek yang dengan cara kadar terletak di dasar Mediatek X series. Mediatek seri P ini dibentuk buat dipakai di handphone cerdas yang langsing. Fokus chipset Mediatek P series merupakan suatu chipset yang mempunyai mengkonsumsi irit baterai tanpa kurangi penampilan totalitas.

Tidak hanya itu, fokus Mediatek P series merupakan sokongan buat multimedia serta konektivitas. Dapat dikatakan, Mediatek P series fokus pada pengembangan chipset yang balance di seluruh zona. Perihal ini yang membuat Mediatek P series banyak dipakai produsen handphone. Ilustrasi chipset Mediatek P series merupakan Mediatek P60, Mediatek P70, serta Mediatek P90.

Baca Juga :   Dyson Hadirkan Edisi Spesial Topaz Orange untuk Rayakan Tahun Baru Imlek dan Hari Valentine Hadir

Mediatek Helio A Series

Mediatek memperkenalkan chipset kategori terkini, ialah Helio A series. Chipset di kategori ini merupakan Helio A22. Chipset ini terbuat buat ponsel pintar dengan kategori harga terjangkau namun mempunyai fitur yang bagus semacam menciptakan kamera yang baik, kemampuan energi yang bagus, serta memaksimalkan hasil buruan kamera.

Sebab chipset seri terkini, belum banyak handphone yang mengenakan Helio A22. Terlebih sebab Helio A series terkini satu, pasti saja kedepan akan terdapat Helio A series lain. Ilustrasi handphone yang mengenakan Helio A22 sendiri merupakan Xiaomi Redmi 6A.

Mediatek Mid- Range 4G Series

Chipset kategori ini, cocok namanya merupakan chipset menengah. Chipset ini didesain supaya dipakai di handphone kategori harga terjangkau yang telah mensupport jaringan 4G. Perihal ini sebab chipset di kategori ini mensupport konektivitas LTE 4G- CAT WorldMode- CAT- 4 serta CAT- 6 dan mensupport fitur bermutu yang lain semacam Pump Express dan guna kamera mutahir.

Tipe- tipe chipset yang terdapat di kategori ini merupakan Mediatek MT6753, Mediatek MT6752, serta Mediatek MT6750. Ilustrasi jenis handphone yang mengenakan chipset ini merupakan Infinix Note 4, Lenovo Vibe S1, serta Vivo V5.

Mediatek Entry 4G Series

Chipset kategori ini merupakan chipset yang mempunyai kadar di dasar kategori Mediatek Mid- Range. Bila Mediatek Mid- Range fokus pada pengembangan chipset dengan prosesor octa core serta sokongan 4G, hingga chipset Entry merupakan chipset yang fokua dengan pengembangan prosesor quad core serta sokongan 4G. Terdapat banyak chipset Mediatek di kategori ini, ialah:

  • MT6739
  • MT6738
  • MT6737T
  • MT6737
  • MT6735
  • MT6732
  • MT6731
  • MT6595
  • MT6592

Chipset itu biasa ditemui di sebagian fitur handphone harga terjangkau, tercantum handphone cerdas ciptaan produk lokal. Ilustrasinya merupakan Evercoss yang kerap mengenakan chipset MediaTek MT6737 ataupun MediaTek MT6735.

Bila menilik jenis chipset Mediatek, nampak jika chipset Mediatek ini didatangkan selaku pengganti untuk produsen handphone yang memerlukan chipset berenergi tetapi mempunyai biaya penciptaan yang terjangkau.

Lalu, apakah chipset Mediatek dengan cara totalitas kurang baik, mengenang fokusnya di kategori harga terjangkau? Pasti saja tidak, terdapat sebagian chipset Mediatek yang mempunyai keahlian terbaik semacam yang tercetak di catatan selanjutnya ini.

Catatan Chipset Mediatek Terbaik

Sehabis memahami tipe chipset Mediatek, berikutnya ayo ikuti antrean chipset Mediatek terbaik.

Dimensity 1200

Dimensity 1200 ialah chipset Mediatek yang dipublikasikan di 2021 bersama dengan Dimensity 1100. Kedua chipset ini dibentuk cara fabrikasi 6m. Mediatek sendiri mengklaim bila kedua chipset ini memiliki kemampuan 22 persen lebih kokoh serta kemampuan energi sampai 25 persen dibandingkan seri Dimensity 1000.

Dimensity 1200 sendiri merupakan chipset dengan 8 core yang dibagi jadi 3 cluster. Kluster awal merupakan 3 core ARM Cortex- A78 2, 6 GHz buat penampilan cepat, kluster kedua satu core ARM Cortex- A78 3 GHz buat penampilan lebih cepat, serta kluster ketiga merupakan 4 core ARM Cortex- A55 2 GHz buat irit energi. Sedangkan prosesor grafis yang terdapat di chipset ini merupakan ARM Mali- G77 MC9.

Perihal yang mencengangkan kalau chipset ini diklaim Mediatek memiliki keahlian mengerjakan gambar serta film dengan mutu lebih baik dibanding barisan iPhone 12. Dimensity 1200 telah dipakai di Redmi K40 Gaming serta realme GT Neo Flash. Sebagian handphone lain yang akan mengenakan chipset ini merupakan OPPO Reno6 Membela serta realme X7 Max.

Dimensity 1100

Dimensity 1100 merupakan chipset yang memiliki penampilan nyaris mendekati dengan Dimensity 1200. Cuma saja dengan cara nilai benchmark, Dimensity 1100 takluk dari Dimensity 1200. Tetapi, perbandingan angkanya sesungguhnya tidak sangat besar. Bersumber pada informasi dari nanoreview, Dimensity 1200 memiliki angka Antutu 630 ribuan sedangkan Dimensity 1100 terdapat di nilai 610 ribuan.

Dimensity 1100 menawarkan chipset dengan memakai 2 kluster, ialah 4 Core Cortex- A78 yang berjalan di 2, 6GHz serta 4 Core Cortex A55 2. 0 GHz. Berlainan dengan Dimensity 1200 yang memiliki 3 kluster. Sedangkan pengolah GPU yang dipakai seragam, ialah ARM Mali- G77 MC9.

Perihal menarik merupakan Dimensity 1100 memiliki sokongan buat layar 144 Hz serta pemeriksaan kamera sampai 108 MP. Di pasar Cina, telah terdapat sebagian handphone yang mengenakan Dimensity 1100, ialah vivo S9 serta realme Q3 Membela.

Dimensity 1000 Series

Dimensity 1000 series ialah chipset kategori atas dari Mediatek yang menawarkan penampilan kategori atas serta sokongan jaringan 5G. Apalagi, pemakaian chipset ini membolehkan jaringan pemakaian 5G dual SIM.

Baca Juga :   Produsen Tas Tas Parpol di Pontianak

Dimensity 1000 series pula dilengkapi dengan teknologi berperforma besar semacam HyperEngine 2. 0, MiraVision Film& Display, serta sokongan refresh rate 144 Hz. Chipset ini pula mensupport teknologi MediaTek Imagiq yang mensupport film 4K HDR serta fitur MediaTek APU 3. 0 buat keinginan AI.

Dimensity 1000 series ini dibentuk dengan fabrikasi 7 nm. Dikala postingan ini terbuat, terdapat 4 series dari Dimensity 1000. Keempat seri itu mempunyai sebagian fitur serta penampilan yang sedikit berlainan. Bersumber pada fitur serta performanya, bisa diurutkan selaku selanjutnya.

  • Dimensity 1000+
  • Dimensity 1000
  • Dimensity 1000L
  • Dimensity 1000C

Keempat seri itu muncul menawarkan chipset dengan bentuk 4 inti,

Cortex- A77 serta 4 inti Cortex- A55. Pembedanya terdapat di clock masing- masing core. Clock sangat besar merupakan yang mengenakan Cortex- A77 dengan clock 2. 6 GHz.

Buat GPU, terdapat sedikit pembeda jenis. Dimensity 1000+, Dimensity 1000, serta Dimensity 1000L mengenakan Arm Mali- G77 dengan sedikit jenis yang berlainan. Sedangkan Dimensity 1000C muncul dengan jenis GPU yang sedikit lebih kecil, Arm Mali- G57 MC5.

Sebagian jenis handphone yang telah mengenakan Dimensity 1000 series terkategori banyak. Ucap saja Realme X7 Membela, Redmi K30 Ultra, serta vivo iQOO Z1 yang mengenakan Dimensity 1000+. Terdapat pula OPPO Reno3 5G yang muncul dengan Dimensity 1000L serta LG Velvet T- Mobile yang mengenakan Dimensity 1000C.

Dimensity 920

Dimensity 920 ialah chipset berplatform fabrikasi 6nm. Chipset ini terdiri dari 4 core Cortex- A78 berkecepatan 2, 5 GHz serta 4 core Cortex- A55 berkecepatan 2. 0 GHz. Prosesor itu dipadu dengan pengolah grafis( GPU) Mali- G68. GPU ini diklaim serupa kuatnya dengan Mali- G78, GPU yang terlampir di Samsung Galaxy S21 Series. Cuma saja, memiliki energi yang lebih irit.

Dimensity 920 mensupport konektivitas beraneka ragam semacam Bluetooth 5. 2, dan fitur 5G Call and Informasi Concurrency 3. 0. Chipset ini pula mensupport bentuk pintar( intelligent displays) serta keahlian merekam film 4K HDR. Tidak cuma itu, Dimensity 920 pula menawarkan kenaikan 9% buat penampilan main game dibanding Dimensity 900.

Perihal yang menarik dari Dimensity 920 merupakan keahlian main game lewat tanda 5G di kartu SIM 1 sambil menyambut panggilan telepon dari kartu SIM 2. Sedangkan buat sokongan lain, chipset ini mensupport tipe RAM LPDDR4X serta storage UFS 2. 2.

Dimensity 900

Dimensity 900 muncul selaku chipset yang dipakai buat mengoptimalkan keahlian ponsel pintar kategori menengah yang mensupport jaringan 5G. Chipset ini didesain dengan fabrikasi 6 nm serta memiliki keahlian semacam penampilan CPU yang lebih cepat serta alternatif konektivitas yang lebih bagus.

Dimensity 900 ini muncul dengan bentuk 2 core Cortex- A78 2, 4 GHz buat penampilan serta 6 core Cortex- A55 2, 0 GHz buat penampilan lebih irit energi. Sedangkan buat pengolah grafis, yang dipakai merupakan GPU Mali- G78 MC4.

Chipset ini memiliki sokongan menarik semacam sokongan pemakaian LPDDR5 dan UFS 3. 1, dual jaringan 5G yang dapat berjalan berbarengan, serta pula sokongan kamera 108 MP. Terdapat pula fitur merekam film di 4K@30fps berkah teknologi 4K HDR Engine.

Chipset ini dipakai di handphone OPPO Reno6 5G serta Honor 50 SE. Kedepan akan banyak lagi yang mengenakan handphone ini. Terlebih menilik performanya lebih dalam, kedua handphone yang mengenakan chipset ini memiliki penampilan menarik berkah angka Antutu menggapai 470 ribu.

Dimensity 820

Dimensity 820 muncul selaku chipset yang lebih terjangkau dari Dimensity 1000 series namun mempunyai fitur yang nyaris seragam. Chipset ini bersama dibentuk dengan fabrikasi 7 nm dengan fitur teknologi yang pula dipakai di Dimensity 1000 series.

Sebagian teknologi yang mendekati dengan Dimensity 1000 merupakan HyperEngine 2. 0, MediaTek APU 3. 0, serta sokongan Dual 5G SIM with VoNR. Dimensity 820 pula diucap Mediatek selaku” The World’ s Most Power Efficient Ponsel pintar 5G Modem Design”.

Dimensity 820 ini mempunyai chipset dengan bentuk 4 core Cortex- A76 2, 6 GHz buat penampilan serta 4 core Cortex- A55 2, 0 GHz buat penampilan lebih irit energi. Sedangkan buat pengolah grafis, yang dipakai merupakan GPU Mali- G57 MC5.

Bentuk CPU serta GPU ini Dimensity 820 ini sedikit mendekati dengan Dimensity 1000C. Kelainannya, Dimensity 1000C mengenakan Cortex A77. Perihal ini nyata membuat penampilan Dimensity 820 sesungguhnya sedikit di dasar Dimensity 1000c. Ada pula, handphone yang mengenakan Dimensity 820 antara lain merupakan Redmi 10X serta Redmi 10X Membela.

Dimensity 810

Dimensity 810 ialah chipset yang didesain buat memperkenalkan teknologi manufaktur berkinerja besar berplatform fabrikasi 6nm. Ilustrasinya merupakan memperkenalkan teknologi kamera kategori atas, semacam keammpuan AI buat warna. Apalagi, buat teknologi ini, Mediatek bekerja sama dengan industri fitur lunak gambar serta film Arcsoft,

Baca Juga :   Usung Spesifikasi Kekinian, Xiaomi Book Pro 2022 Goda Layar OLED

Di dalam chipset ini, terlampir 8 inti prosesor. Kedelapan prosesor itu terdiri dari 4 inti prosesor Cortex- A76 dengan kecekatan clock 2, 4 GHz buat penampilan serta 4 inti prosesor Cortex- A55 dengan kecekatan 2 GHz buat irit energi. Sedangkan buat GPU, terlampir GPU Mali- G57 MC2. Tipe RAM yang dibantu merupakan LPDDR4X serta UFS 2. 2 buat jenis storage.

Dimensity 720 mensupport bermacam teknologi semacam two carrier aggregation( 2CC), bentuk kombinasi FDD+TDD, dynamic spectrum sharing( DSS), True Dual SIM 5G( 5G SA+ 5G SA), serta teknologi Voice berlebihan New Radio( VoNR). Chipset ini pula mensupport fitur- fitur semacam Wi- Fi 5, Bluetooth 5. 1, dan HyperEngine 2. 0

Dimensity 800u

Dimensity 800u muncul selaku chipset Mediatek buat ponsel pintar 5G di kategori menengah. Chipset ini serupa semacam chipset Dimensity yang lain yang dibentuk dengan cara fabrikasi 7nm.

Di dalam chipset ini, terlampir prosesor 8 core. Prosesor itu dibagi jadi 2 core ARM Cortex- A76 dengan clock speed 2, 4 GHz buat penampilan serta 6 core Cortex- A55 dengan clock speed sampai 2, 0 GHz buat irit energi.

Sedangkan buat pengerjaan grafis, chipset ini mengenakan GPU ARM Mali- G57 MC3. Sedikit berlainan dengan GPU pada Dimensity 820 yang serupa mengenakan ARM Mali- G57 namun jenis MC5.

Chipset ini sendiri mensupport pemakaian Dual 5G SIM( sub- 6 GHz NSA atau SA). Tidak hanya itu, chipset ini mensupport teknologi 5G UltraSave. Teknologi ini ialah suatu teknologi

yang membolehkan baterai handphone lebih irit energi dikala digunakan berselancar memakai jaringan 5G.

Teknologi ini dibantu dengan fitur AI di dalamnya.

Tidak hanya itu, chipset ini mensupport kamera hingga 64 MP, sokongan layar 120 Hz serta HDR10+, dan sokongan MiraVision PQ MediaTek. Dikala postingan ini terbuat, handphone yang mengenakan Dimensity 800U terkini Realme X7. Kedepan pasti hendak banyak handphone lain yang mengenakan chipset Dimensity 800U.

Dimensity 800

Dimensity 800 muncul selaku chipset yang mempunyai 8 inti prosesor. Prosesornya terdiri dari 4 core ARM Cortex- A76 dengan clock speed 2, 0 GHz buat penampilan serta 4 core Cortex- A55 dengan clock speed sampai 2, 0 GHz buat irit energi.

Bila dibanding dengan Dimensity 800u, Dimensity 800 mempunyai clock yang lebih kecil buat prosesornya namun dengan jumlah core yang lebih banyak. Tidak hanya itu,

GPU Dimensity 800 sedikit lebih bagus sebab mengenakan GPU ARM Mali- G57 MC4 dengan sokongan teknologi MediaTek HyperEngine 2. 0.

Kedatangan MediaTek HyperEngine 2. 0 pastinya membuat chipset ini lebih maksimal buat main game. Tidak hanya itu, chipset ini mensupport teknologi MediaTek APU 3. 0( AI Processing Bagian) serta pula teknologi semacam MiraVision PQ MediaTek, layar 120Hz, serta HDR10+.

Sayangnya, Dimensity 800 cuma mensupport satu SIM jaringan 5G. Bandingkan dengan Dimensity 800u yang mensupport konsumsi Dual 5G SIM.

Dimensity 800 ialah chipset yang lumayan banyak dipakai di handphone kategori menengah. Dikala postingan ini terbuat, Dimensity 800 telah dipakai di handphone OPPO A92s, ZTE Axon 11 SE, Huawei Enjoy Z 5G, Huawei Enjoy 20, Huawei Enjoy 20 Membela,

Honor 30 Lite, Honor 30 Youth, serta Honor X10 Max,

Dimensity 720

Dimensity 720 ialah chipset yang didesain buat memperkenalkan teknologi 5G di fitur kategori menengah. Chipset ini ikut dibantu dengan teknologi 5G Ultrasave punya Mediatek.

Di dalam chipset ini, terlampir 8 inti prosesor. Kedelapan prosesor itu terdiri dari 2 inti prosesor Cortex- A76 dengan kecekatan clock 2 GHz buat penampilan serta 6 inti prosesor Cortex- A55 dengan kecekatan yang serupa buat irit energi. Sedangkan buat GPU, terlampir GPU ARM Mali- G57 MC3.

dengan kecekatan 2. 133 MHz serta kapasitas maksimum 12 GB. Buat alat penyimpanan yang dibantu, chipset ini mensupport alat penyimpanan UFS 2. 2.

Dimensity 720 mensupport bentuk kamera sampai pernyataan 64 MP, ataupun dual camera dengan bentuk 20 MP+ 16 MP. Kamera itu dipadukan dengan AI besutan Mediatek.

Buat layar, chipset ini mensupport teknologi MiraVision HDR10+, pemakaian layar 90 Hz, serta sokongan pernyataan menggapai 2. 520 x 1. 080 piksel.

Dikala postingan ini terbuat, Dimensity 720 dipakai di handphone OPPO A92s, Realme V3 5G, serta Realme V5 5G.

Menilik pemaparan di atas, bisa nampak jika chipset besutan Mediatek mempunyai detail serta penampilan yang tidak sangat jomplang antara satu ke yang yang lain. Spesial buat Helio P90, angkanya terhitung besar serta dapat jadi chipset yang akan diharapkan selaku chipset kategori atas Mediatek.

Sumber :

No More Posts Available.

No more pages to load.