HOME     NEWS     EVENTS     ARTICLES     DIRECTORY     BOOKS     OPPORTUNITIES  
   
SATU Indonesia Awards
Apakah SATU Indonesia Awards?

SATU Indonesia Awards adalah pemberian penghargaan untuk generasi muda Indonesia yang berprestasi dan mempunyai kontribusi positif untuk lingkungan dan masyarakat sekitarnya.

Bidang prestasi dinilai berdasarkan kategori : Lingkungan, Pendidikan, Teknologi, Kesehatan dan Ekonomi/Kewirausahaan.

Siapa yang bisa dinominasikan?

Peserta  yang bisa dinominasikan dalam SATU Indonesia Award harus berusia antara 20 – 35 tahun ketika mengikuti program ini.

Kegiatan apa yang dimaksudkan, apa contohnya?

Kegiatan yang dapat membantu dan mengusahakan orang lain untuk bisa menjadi mandiri – dengan memberikan solusi, cara atau alat, bukan sekadar memberikan sumbangan atau donasi yang berdampak sementara. Tapi juga dapat berupa pelatihan keterampilan sekelompok orang, komunitas atau masyarakat yang kurang beruntung, sehingga mereka punya keahlian dan dapat hidup mandiri. Contoh kelompok yang dibantu: Pengamen, anak jalanan, ibu rumah tangga, orang cacat fisik, pedagang, petani, dan sebagainya.

Apa syarat-syaratnya?

Mengisi dengan lengkap formulir pendaftaran yang tersedia di situs www.satu-indonesia.com.

Apa kriteria peniliaiannya?

Kegiatan/program yang dinominasikan akan dinilai berdasarkan parameter sebagai berikut:
   • Motif ► Ide awal, jenis kegiatan, tujuan/motivasi/sasaran, bidang prestasi, usaha untuk mewujudkan dan pihak-pihak yang bekerjasama dan lembaga pendanaan.
 
   • Hasil ► Kegiatan dan hasil yang telah diciptakan.
 
   • Jangkauan ► Jumlah dan dampak pada orang atau sistem yang telah dibangun melalui program-program yang telah dilakukan.
 
   • Kesinambungan ► Menilai komitmen untuk melanjutkan kegiatan.

Apakah satu orang bisa menominasikan lebih dari satu peserta?

Bisa. Setiap orang bebas menominasikan sebanyak mungkin anak muda Indonesia yang berprestasi dan mempunyai kontribusi positif untuk lingkungan dan masyarakat sekitarnya

Bagaimana cara berpartisipasi?

Mendaftar ke situs www.satu-indonesia.com

Pendaftaran Awards

SATU Indonesia Awards adalah ajang untuk memberikan penghargaan bagi Generasi Muda Berprestasi Indonesia yang telah melakukan tindakan atau kegiatan nyata yang memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, menuju kehidupan yang lebih baik.

Kali ini, SATU Indonesia Awards 2012 mencari warga negara Indonesia yang berusia antara  20 s/d 35 tahun yang memiliki kegiatan bermanfaat di bidang-bidang berikut ini:
   (1) Lingkungan
   (2) Pendidikan, Seni & Budaya
   (3) Teknologi Tepat Guna / Pemanfaatan Teknologi
   (4) Kesehatan
   (5) Kewirausahaan

Anda dapat mendaftarkan diri maupun kerabat yang direkomendasikan dengan mendownload formulir atau dengan mengisi Formulir pendaftaran di http://www.satu-indonesia.com/index/daftar/0/Formulir%20Pendaftaran.html

Tim Juri 2012

NILA MOELOEK

Dr. dr. Nila Djuwita Farid Moeloek, SpM lahir pada tanggal 11 April 1949, Ia adalah seorang guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Selain menjabat Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan, dokter spesialis tumor mata ini juga aktif sebagai anggota IDI, anggota Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami), staf pengajar Departemen Mata FKUI, Anggota Kolegium Oftalmologi Indonesia, Senat Akademik FKUI.

Beliau saat ini menjadi Utusan Khusus untuk pencapaian target tujuan pembangunan millenium (Millenium Development Goals/MDGs). Ibu Nila F. Moeloek memulai kiprah segagai Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan Pusat pada tahun 1999, dimana beliau terpilih kembali pada tahun 2004 dan tahun 2009. Dibawah kepemimpinan Ibu Nila Moeloek Dharma Wanita Persatuan telah melaksanakan beberapa kegiatan untuk ikut membantu pemerintah seperti, Program Wajib Belajar 9 tahun yang bekerjasama dengan Diknas, kerjasama dengan Uplift untuk pemberian makanan sehat.
 
________________________________________
 
ONNO PURBO

BOnno Widodo Purbo (lahir di Bandung, 17 Agustus 1962,) adalah seorang tokoh (yang kemudian lebih dikenal sebagai pakar di bidang) Teknologi Informasi asal Indonesia. Ia memuali pendidikan akademis di ITB pada jurusan Teknik Elektro pada tahun 1981.

Enam tahun kemudian ia lulus dengan predikat wisudawan terbaik, kemudian melanjutkan studi ke Kanada dengan beasiswa dari PAAUME. RT/RW-Net adalah salah satu dari sekian banyak gagasan yang di lontarkan. Ia juga aktif menulis dalam bidang teknologi informasi media, seminar, konfransi nasional maupun internasional. Percaya pada filosofi copyleft banyak tulisannya dipublikasi secara gratis di internet.
 
________________________________________
 
RACHMAT WITOELAR

Ir. Rachmat Nadi Witoelar Kartaadipoetra, sering diringkas Rachmat Witoelar, lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat pada 2 Juni 1941. Beliau adalah Menteri Lingkungan Hidup pada Kabinet Indonesia Bersatu.

Pria yang merupakan lulusan SMA kolese kanisius ini menyelesaikan pendidikan sarjananya di Jurusan Teknik Arsitektur, Institut Teknologi Bandung pada tahun 1970. Ia adalah kaka Wimar Witoelar dan suami dari Erna Witoelar yang juga mantan Menteri Indonesia. Selain itu ia juga pernah menjadi juru bicara presiden ke-4, Abdurahman Wahid.
 
________________________________________
 
FASLI JALAL

Wakil menteri ini lahir di Padang Panjang pada tanggal 1 September 1953, menikah dengan Dr. Gusnawirta Taib, S.Pd., M.Pd. dan dikarunai 3 orang anak yaitu Fitra Ifana (Mhs. Fak. Psikologi UI), Anisa Ifana (Mhs. Fak Hukum UI), Wahyu Figura.

Pendidikan yang diselesaikan Fasli lulus sarjana fakultas kedokteran pada tahun 1982 dari Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat, serta menyelesaikan DOKTOR (Ph.D) Universitas Cornell, Ithaca, 1991 New York, Amerika Dalam Bidang Ilmu Gizi Masyarakat dengan Minor di bidang Epidemiologi dan Program Studi Asia Tenggara.

Fasli Jalal merupakan sosok yang mempunyai kapabilitas yang kuat dalam bidang pendidikan maupun dalam bidang birokrasi dengan sederet penghargaan dan prestasi yang ia peroleh baik skala nasional maupun internasional.

Sebagai ilmuwan, ia aktif sebagai pembicara dan nara sumber pada berbagai acara tingkat nasional dan internasional. Aktif pula menjadi penulis dan editor beberapa buku dan puluhan makalah ilmiah yang disajikan di forum nasional dan internasional.
 
________________________________________

TRI MUMPUNI
 
Tri Mumpuni atau biasa dipanggil Puni lahir di Semarang, 6 Agustus 1964.  Pada 17 Agustus 1992, dia mendirikan Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (Ibeka).
Lewat lembaga swadaya yang didirikan bersama suaminya, Iskandar Budisaroso Kuntoadji, Puni membangun pembangkit listrik mini bertenaga air untuk menerangi desa-desa terpencil yang belum terjangkai oleh PT PLN. Tidak kurang 60 desa yang sebelumnya gelap gulita menjadi terang benderang dengan pembangkit yang mereka bangun.

Berkat usahanya tersebut, Puni dijuluki sebagai “Wanita Penerang Desa”. Dia juga mendapatkan berbagai penghargaan. Puni kini terus mengembangkan end use productivity, yaitu mendorong masyarakat desa menggunakan listrik itu untuk kegiatan produktif sesuai potensi desa.   
 
________________________________________
 
BAMBANG HARYMURTI

Bambang Harymurti atau biasa dipanggil BHM lahir pada 10 Desember 1956. Dia sekarang menjadi Direktur Utama di PT Tempo Intimedia Tbk, yang menerbitkan majalah Tempo dan Wakil Ketua Dewan Pers.

BHM adalah lulusan Teknik Mesin ITB pada 1984 dan meraih gelar MPA dari John F. Kennedy School of Government at Harvard University. Menjadi wartawan TEMPO sejak 1982, BHM  ikut program calon astronot Indonesia.

Sebagai jurnalis, BHM pernah mendapatkan gelar "Excellence in Journalism" pada 1997 dari Harian Indonesian Observer dan “Pena Award” dari PWI Jawa Timur pada 2006.
 
________________________________________

YULIAN WARMAN

Yulian Warman lahir di Padang, 1 Juli 1961. Dia lulusan Jurusan Teknologi Industri Pertanian (TIN), Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta), Institut Pertanian Bogor.
Berpengalaman sebagai Redaktur Pasar Modal di harian Bisnis Indonesia pada tahun 1991-1994, setelah sebelumnya bekerja di PT Nomura Indonesia sebagai Investment Officer 1989 - 1990 dan Bisnis Indonesia sebagai reporter ekonomi pada 1986 - 1989. Saat ini beliau menduduki posisi sebagai, Public Relations Division Head, General Manager PT Astra International Tbk.
 
 ________________________________________

RIZA DELIANSYAH

M. Riza Deliansyah lahir di Medan 24 Januari 1969. Ia meraih sarjana Teknik Lingkungan ITB. Sejak 1995 ia meniti karier di PT Astra International Tbk. Sekarang ia memegang jabatan sebagai Head Environment and Social Responsibility di PT Astra International Tbk.

Memberikan kesempatan kerja menjadi perhatian Riza. Karena itulah ia kerap mengajak beberapa pemuda untuk dilatih sebagai mekanik di perusahaan. Mereka adalah remaja putus sekolah yang telah berhasil melalui tes di tiga kelurahaan dan kemudian mendapatkan pelatihan bengkel mekanik motor Honda.

Selain mendapatkan kemampuan dasar, Riza berharap anak-anak muda yang dilatih itu mampu bersaing di dunia kerja.

Timeline

1
Rabu, 28 Maret 2012
Pembukaan Talkshow

2
28 Mar 2012 - 28 Ags 2012
Penjaringan Peserta

3
Selasa, 4 September 2012
Penjurian tahap 1 - Memilih 20 kandidat

4
Selasa, 18 September 2012
Penjurian Tahap 2 - Memilih 10 kandidat

5
Senin, 24 September 2012
Presentasi 10 kandidat

6
25 Sep 2012 - 27 Okt 2012
Voting publik

7
Minggu, 28 Oktober 2012
Malam Penganugerahan
05-09-2015 s/d 08-09-2015
Pameran Seni Rupa Kelompok Sekilas
di Taman Budaya Yogyakarta (TBY), Jl. Sriwedani 1, Gondomanan, Yogyakarta
05-09-2015 s/d 12-09-2015
Pameran Seni Gambar "Preheat Drawing Project 2015"
di Jogja National Museum (JNM), Jl. Prof. Ki Amri Yahya No. 1, Gmpingan, Yogyakarta
04-09-2015 s/d 06-09-2015
Pameran Seni Rupa "SEMU" Politeknik Seni Yogyakarta
di Jogja National Museum, Jl. Amri Yahya No. 1, Gampingan, Wirobrajan, Yogyakarta
03-09-2015 s/d 23-09-2015
GUGN PRABOWO: unguarded guards
di Jogja Contemporary Jl. Prof. Ki Amri Yahya no 1, Gampingan, Yogyakarta 55167
03-09-2015
Pembacaan Cerpen: Berbagi Cerita Cinta
di Kedai Kebun Forum Jl. Tirtodipuran no 3, Yogyakarta
03-09-2015
Seminar "Posisi Komik dalam Kajian sastra"
di Auditorium FIB, Gedung Purbatjaraka Lantai 3
02-09-2015
Seminar Sesrawung PKKH UGM Edisi #4: PERFORMANCE ART & EMBODIED COGNITION, “Ketubuhan dalam Perspektif Psikologi dan Praktik Performance Art”
di Hall PKKH UGM, Jln. Pancasila, Bulaksumur, Yogyakarta
26-08-2015 s/d 06-09-2015
Pameran Tunggal Afriani: "Be the Winner"
di Galeri 678, Jl. Kemang Raya 125 A, Kemang, Jakarta Selatan
21-08-2015 s/d 28-08-2015
One for One: Sebuah Pameran Kolaborasi
di Paviliun 28 Jl. Petogogan No. 25 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
21-08-2015
Diskusi Biennale sebagai Branding Kota: Dilema infrastruktur budaya dan turisme
di Ruang Multimedia Kampus Pasca Sarjana ISI Jalan Suryodiningratan, Yogyakarta
read more »
Rabu, 02-09-2015
Anggur Merah Rasa Jeruk
oleh Yaksa Agus
Minggu, 09-08-2015
Berkubu dengan Buku
oleh Kuss Indarto
Kamis, 30-07-2015
Jejaring Kerja Tanpa Negara
oleh Kuss Indarto
Minggu, 12-07-2015
Pelukis Dullah
oleh Fadjar Sutardi
Kamis, 23-04-2015
Seniman Karbitan
oleh Aris Setyawan
read more »
Merajakan Nalar di Tengah Kepungan Hedonisme
oleh Christian Heru Cahyo Saputro
Buku bertajuk: Acropolis (Kerajaan Nalar) yang merupakan kumpulan kolom karya wartawan SKH Lampung Post Heri Wardoyo (HRW) hadir meramaikan pasar wacana. Buku yang berisi kolom-kolom Heri Wardoyo ini pernah dimuat di rubrik ‘Nuansa’ Lampung Post bertitimangsa tahun...
Fantasi Balzac tentang Pulau Jawa
oleh Sigit Susanto
Merajut Masa Depan Bocah Merapi
oleh T. Nugroho Angkasa S.Pd.
Novel Kasongan, Seliat Tanah Liat
oleh R. Toto Sugiharto
read more »
Call for Applications for the Artists in Residence Programme 2016 in Austria
Kompetisi UOB Painting of the Year 2015
BANDUNG CONTEMPORARY ART AWARDS (BaCAA) #04
KOMPETISI SENI LUKIS, MANDIRI ART AWARD 2015
GUDANG GARAM INDONESIA ART AWARD 2015
Dana SAM untuk Seni dan Lingkungan
LOMBA PENULISAN JURNALISTIK
Lomba Foto “Air dan Sanitasi untuk Kehidupan yang Lebih Baik”
6th Beijing International Art Biennale 2015
Sayembara Cipta Kreasi Motif Batik Seragam Dinas Harian RSUP Dr Kariadi 2014
read more »
06/07/2015 12:26 | mardiyanto ghani art | Mardiyanto ghani art..ahmadghani2008@gmail.com Selalu semangat berkarya..!!
06/05/2015 16:11 | EkanantoBudiSantoso | to Pa Andre Galnas,kapan kita reuni mamer bareng temen2x? biar wacananya "dream come true gitu,art new biar juga makin seru kita undang konco2x sy nulis disini juga,thanks att.
06/05/2015 16:03 | EkanantoBudiSantoso | Sy butuh info lomba lukis Mandiri,sebenarnya kompetisi bukan untuk cari "jawara,jati diri dan silaturakhmi perupa sangat perlu"dikembangbiakan biar ngga ego,ah.
10/02/2015 23:32 | icha | saya mw jual brang py kkek msa penjajahan di ambon.... samurai bs ditekuk pjang bget... ada belati kecil beserta bendera jepang msa lampau... ada tulisan di sebuah uukuran kertas seperti kulit binatang tpi tulisan jepang... mhon bntuan nya mau jual saja butuh ug urgent
04/02/2015 09:50 | Anwar Sanusi | Artikel sangat membantu dalam membuka wawasan tentang Seni...
read more »
About Us
Indonesia Art News merupakan media tentang dinamika seni yang berkait dengan aspek keindonesiaan. Media ini berusaha untuk mengedepankan segi informasi ihwal seni yang dikemas dengan cara pandang kritis dan muatan yang investigative. Indonesia Art News berkedudukan di Yogyakarta, Indonesia
Gabung di Facebook
Buku Tamu
Pengelola IAN
Editor in chief:Kuss Indarto
Editor:R. Toto Sugiarto
Designer:Andika Indrayana
Email - info@indonesiaartnews.or.id