HOME     NEWS     EVENTS     ARTICLES     DIRECTORY     BOOKS     OPPORTUNITIES  
   
Student Research Colloquium 2012
Latar Belakang

Kebudayaan dan peradaban manusia dapat terus berkembang karena adanya produksi pengetahuan yang tak pernah berhenti. Institusi pendidikan tinggi adalah salah satu agensi yang berperan sentral dalam produksi pengetahuan tersebut. Dalam konteks produksi pengetahuan pada tataran pendidikan tinggi di universitas ini, riset menjadi arena utama tempat aktifitas produksi dan pengembangan pengetahuan dilangsungkan. Riset unggulan yang berbobot diyakini lahir khususnya dari jenjang pascasarjana, yang secara umum disepakati sebagai ujung tombak aktifitas riset pada tataran universitas, dan melalui riset pascasarjana inilah universitas-universitas di seluruh dunia berpacumenjadikan dirinya sebagai universitas berkelas dunia.

Dewasa ini, ada amatan bahwa produksi pengetahuan di Indonesia cenderung melambat, yang ditandai oleh kecilnya jumlah hasil riset para sarjana dan ilmuwan Indonesia, terutama yang diterbitkan di jurnal-jurnal ilmiah di dalam maupun di luar negeri. Para periset tampaknya mengalami persoalan dalam menuangkan hasil atau temuan risetnya dalam tulisan ilmiah yang berbobot dan memenuhi kaidah-kaidah internasional, sementara jurnal-jurnal ilmiah yang kini ada senantiasa menghadapi persoalan klasik, yakni kurangnya masukan karya ilmiah yang berbobot untuk dipublikasikan.

Sejumlah langkah kebijakan telah ditempuh, antara lain dengan memperbanyak jumlah dan jenis hibah riset, memberikan insentif bagi periset yang karyanya diterbitkan dalam jurnal ilmiah, dan memberikan fasilitas serta dukungan kepada jurnal-jurnal yang ada agar dapat mengembangkan diri. Namun, hasilnya belum juga terlihat menggembirakan. Padahal, tuntutan persaingan regional dan internasional di bidang produksi pengetahuan kian menguat, dan Indonesia sebagai sebuah Negara dengan sumber daya alam dan manusia yang besar harus dapat menjadi pemain utama alih-alih terpinggirkan sebagai penerima pasif semata aliran pengetahuan dari tempat-tempat lain.

Dalam situasi seperti ini, diperlukan sebuah terobosan nyata yang bisa mengatasi kebuntuan produksi pengetahuan, dan pendidikan serta penelitian pada tataran pascasarjana merupakan pintu masuk serta ruang strategis untuk membina, menggalakkan, dan menghasilkan penelitian-penelitian berbobot. Pendidikan dan penelitian pascasarjana memiliki peluang terbesar untuk tidak hanya mengolah dan menghasilkan pengetahuan-pengetahuan baru melainkan juga untuk menyebarluaskannya di berbagai komunitas keilmuan serta masyarakat luas secara umum. Pada tataran pascasarjana inilah tulang punggung universitas riset diletakkan dan aktifitas-aktifitas riset yang berkelas dunia dapat dirintis serta diwujudkan.

Untuk itu, Jurnal Makara Seri Sosial Humaniora menyelenggarakan sebuah ajang gelar penelitian di bidang social humaniora untuk para mahasiswa pascasarjana yang disebut dengan Student Research Colloquium 2012. Dalam forum ini, para mahasiswa pascasarjana dari berbagai wilayah di Indonesia yang telah melalui proses seleksi ketat menyajikan dan menajamkan hasil-hasil penelitian mereka sehingga siap untuk diterbitkan dalam jurnal-jurnal ilmiah nasional terakreditasi ataupun jurnal-jurnal ilmiah internasional.

Pendaftaran

Pendaftaran dimulai pada 10 Juli dan ditutup pada 5 Agustus 2012. Persyaratan berkas yang harus dikirim:

- Formulir Pendaftaran. Klik http://www.research.ui.ac.id/drpm/src2012

- Formulir kesediaan mengikuti kolokium di atas kertas bermaterai Rp. 6000,- [download]

- Menyerahkan daftar riwayat hidup lengkap.

- Fotokopi/scan kartu mahasiswa yang masih berlaku.

- Naskah ilmiah hasil penelitian (rangkap 3)

- Surat rekomendasi dari institusi pendidikan

Semua berkas discan dan dikirim ke e-mail korespondensi (kepada: Sdr. Citra Wardani, M.Si. (citrawardhani@ui.ac.id) dan file asli dikirim via pos ke alamat:

Gedung DRPM-UI Lantai 2
Kampus Universitas Indonesia
Depok 16424

Tidak dikenakan biaya untuk pendaftaran.

Persyaratan Formal Naskah

Naskah ilmiah ditulis dan disimpan dalam pengolah kata Word Document versi 97-2003 (.doc), maksimum 5000 kata menggunakan huruf Times New Roman 12 pt spasi 1,5 dalam kertas A4 marjin pada keempat sisi sebesar 2,5 cm. Naskah disertai abstrak maksimum 200 kata, kata-kata kunci dan daftar pustaka. Pada halaman sampul berisi judul naskah, nama lengkap penulis, institusi asal penulis, dan nama acara (Student Research Colloquium 2012, Jurnal Makara Seri Sosial Humaniora).

Seleksi

Data dan naskah yang diterima panitia akan dipelajari dan diseleksi oleh sebuah tim seleksi yang dibentuk panitia dan melibatkan Ketua Editor dan para anggota Dewan Editor Jurnal Makara Seri Sosial Humaniora. Seleksi naskah dilakukan berdasarkan kriteria 1) orisinalitas/kebaruangagasan, 2) relevansi dengan kehidupan nyata, 3) kontribusinya pada ilmu pengetahuan terkait, 4) kohesi dan koherensi gagasan, dan 5) kerapian formal naskah.

Orisinalitas/Kebaruan: hasil penelitian menawarkan pemahaman baru atas sesuatu, atau cara baru untuk melakukan sesuatu, atau solusi bagi suatu permasalahan, atau model penelitian baru atas sesuatu yang belum pernah digagas sebelumnya oleh orang lain.

Relevansi: Hasil penelitian memiliki relevansi signifikan dengan kehidupan nyata pada sektor-sektor sosial, budaya, politik, ekonomi, institusi, dan kemanusiaan, yang meliputi aspek kekinian dan urgensi penelitian, dengan ditunjang oleh acuan primer yang mutakhir.

Kontribusi: Hasil penelitian memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan terkait dan menjadi bagian dari continuum serta dialog ilmiah dalam komunitas ilmunya.


Kohesidan Koherensi: Naskah penelitian dibangun di atas organisasi gagasan yang logis, sistematis, jelas, dan utuh, sebagai mana tercermin dalam alur pikiran, pembagian bab dan sub-bab, serta bobot argumentasi.

Kerapian: Naskah penelitian disiapkan, ditulis, dan disajikan secara rapi, baik dari segi format maupun bahasa, yang meliputi aspek-aspek ketaatazasan, ketelitian, dan kelugasan. Format naskah mengikuti petunjuk format Jurnal Makara.

Baik peserta yang naskahnya diterima maupun ditolak akan diberi kabar tentang hasil keputusan tim seleksi selambat-lambatnya pada 20 Agustus 2012 melalui email. Keputusan tim seleksi tidak dapat diganggu gugat.

Bantuan Pendanaan

Biaya keikutsertaan dalam kolokium ditanggung oleh panitia penyelenggara, yang meliputi: biaya transportasi (darat/udara/laut), akomodasi, konsumsi, dan administrasi. Biaya transportasi yang ditanggung maksimal Rp. 3 Juta.

Peserta terpilih membeli tiket perjalanannya sendiri dan biaya perjalanan akan diganti setelah peserta tiba di tempat acara, dengan menyerahkan bukti pembelian tiket perjalanan p.p. dan/atau bukti pengeluaran biaya perjalanan.

Format Acara

Setiap peserta yang naskah hasil penelitiannya diterima akan memaparkan isi tulisannya secara lisan selama 20 menit. Pemaparan akan diikuti oleh diskusi intens yang dapat berupa pertanyaan, masukan, sanggahan, dan penambahan informasi, dari para peserta lainnya serta para pendamping (coaches). Para pendamping ini adalah pakar-pakar terkemuka di bidang ilmu terkait, yang diundang khusus untuk membantu peserta melakukan penyempurnaan atas naskah ilmiahnya.

Peserta wajib mengikuti seluruh acara secara penuh. Kegagalan memenuhi persyaratan ini dapat berakibat pada tidak diberikan sertifikat keikutsertaan dan/atau penggantian biaya keikutsertaan.

Coach

Prof. Dr. Andreas Budiarjo
Prof. Dr. Melani Budianta, M.A.
Prof. Djamaludin Ancok, Ph.D.
Prof. Dr. Dra. Sulistyowati Irianto, M.A.
Prof. Dr. Ali Liche Setiani, M.Si.
Dr. Bambang Wiharto

Jadwal Acara

Selasa, 11 September 2012        

12.00 – 13.00   Registrasi dan makan siang
13.00 – 13.15   Pembukaan
13.15 – 14.30   Seminar 1 (Prof. Dr. Andreas Budiarjo: Metodologi)
14.30 – 16.00   Workshop 1A (2 pemapar)
                       Workshop 1B (2 pemapar)

Rabu, 12 September 2012

08.30 – 10.30    Workshop 2A (3 pemapar)
                        Workshop 2B (3 pemapar)
10.30 – 12.00    Roundtable 1 (coaching session)
12.00 – 13.00    ISHOMA
13.00 – 14.00    Seminar 2 (Prof. Dr. Melani Budianta: Interdisiplin)
14.00 – 16.15    Workshop 3A (3 pemapar)
                        Workshop 3B (3 pemapar)

Kamis, 13 September 2012

08.30 – 10.00    Workshop 4A (2 pemapar)
                        Workshop 4B (2 pemapar)
10.00 – 11.00    Roundtable 2 (coaching session)
11.00 – 12.00              Action plan
12.00 – 12.15              Penutupan

Semua korespondensi berkaitan dengan kolokium ditujukan pada:

Citra Wardani, M.Si.
Jurnal Makara Seri Sosial-Humaniora
Gedung DRPM-UI Lantai 2
Kampus Universitas Indonesia
Depok 16424
Tel. (021) 727-0152
Fax (021) 7884-9119
Email ke: citrawardhani@ui.ac.id
        cc : editor_mssh@ui.ac.id
08-08-2015 s/d 09-08-2015
Festival Tlatah Bocah
di Dusun Klakah Tengah, Selo, Boyolali, Jawa Tengah
05-08-2015
Diskusi Kejahatan dalamnSeni Rupa: Pemalsuan Lukisan, Fakta dan Pembuktian
di Jogja Gallery, Jl. Pekapalan 2, Alun-alun Utara, Kraton, Yogyakarta
05-08-2015
Book Launching: Pictures From The Holiday
di Kersan Art Studio Jl. As Samawat no.154, Kota Yogyakarta 55181
04-08-2015
Seminar dan sarasehan Pancamala KPK: Dari Gentar Menjadi Tegar
di Ruang Seminar Koendjono Gedung Pusat Universitas Sanata Dharma Lt. 4 – Kampus Mrican, Yogyakarta
02-08-2015
URBAN SPIRITUALITY
di Sudamala Suites & Villas Jl. Sudamala, No. 20, Pantai Sanur 80227
01-08-2015 s/d 07-08-2015
"Masuk Ke Akar" Pameran Patung Tunggal Sissel Almgren (Swedia)
di Desa Wisata Kasongan, Kasongan, Bantul, DI Yogyakarta, Kota Yogyakarta 55184
31-07-2015 s/d 01-08-2015
Drama Komedi Teledor IMPIAN DI TENGAH MUSIM
di GEDUNG KESENIAN RUMENTANG SIANG Jl Baranang Siang no 1 Kosambi BANDUNG
30-07-2015 s/d 17-08-2015
TREND SPOTTERS? The Essential Names in Spanish Fashion
di Galeri Nasional Indonesia, Jl. Medan Merdeka Timur 12 Jakarta Pusat
11-07-2015
Architecture For Kids 2015
di Architecture For Kids Jl. Hayam Wuruk No. 159 Denpasar - Bali P. 62 361 242 659
23-04-2015
Seminar Sesrawung PKKH UGM: “Heterotopia dan Ekspresi Artistik, Seni dan Penataan Arsitektur Ruang Kota yang Manusiawi”
di Hall PKKH UGM, Bulaksumur
read more »
Kamis, 30-07-2015
Jejaring Kerja Tanpa Negara
oleh Kuss Indarto
Minggu, 12-07-2015
Pelukis Dullah
oleh Fadjar Sutardi
Kamis, 23-04-2015
Seniman Karbitan
oleh Aris Setyawan
Minggu, 12-04-2015
Dinamika Seni Rupa (di) Pasuruan
oleh Wahyu Nugroho
Jum'at, 27-03-2015
Pertaruhan Artistik dalam “Tiga Karakter, Tiga Warna”
oleh Kuss Indarto
read more »
Merajakan Nalar di Tengah Kepungan Hedonisme
oleh Christian Heru Cahyo Saputro
Buku bertajuk: Acropolis (Kerajaan Nalar) yang merupakan kumpulan kolom karya wartawan SKH Lampung Post Heri Wardoyo (HRW) hadir meramaikan pasar wacana. Buku yang berisi kolom-kolom Heri Wardoyo ini pernah dimuat di rubrik ‘Nuansa’ Lampung Post bertitimangsa tahun...
Fantasi Balzac tentang Pulau Jawa
oleh Sigit Susanto
Merajut Masa Depan Bocah Merapi
oleh T. Nugroho Angkasa S.Pd.
Novel Kasongan, Seliat Tanah Liat
oleh R. Toto Sugiharto
read more »
Call for Applications for the Artists in Residence Programme 2016 in Austria
Kompetisi UOB Painting of the Year 2015
BANDUNG CONTEMPORARY ART AWARDS (BaCAA) #04
KOMPETISI SENI LUKIS, MANDIRI ART AWARD 2015
GUDANG GARAM INDONESIA ART AWARD 2015
Dana SAM untuk Seni dan Lingkungan
LOMBA PENULISAN JURNALISTIK
Lomba Foto “Air dan Sanitasi untuk Kehidupan yang Lebih Baik”
6th Beijing International Art Biennale 2015
Sayembara Cipta Kreasi Motif Batik Seragam Dinas Harian RSUP Dr Kariadi 2014
read more »
29/07/2015 03:36 | mr mike | Halo, Saya boxim Mr. Samson, pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman. apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh Bank dan lainnya badan keuangan? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? pencarian lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua sejarah masalah keuangan Anda. Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan keuangan Membantu, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat diandalkan untuk penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: mikeloancompany856@gmail.com
06/07/2015 12:26 | mardiyanto ghani art | Mardiyanto ghani art..ahmadghani2008@gmail.com Selalu semangat berkarya..!!
06/05/2015 16:11 | EkanantoBudiSantoso | to Pa Andre Galnas,kapan kita reuni mamer bareng temen2x? biar wacananya "dream come true gitu,art new biar juga makin seru kita undang konco2x sy nulis disini juga,thanks att.
06/05/2015 16:03 | EkanantoBudiSantoso | Sy butuh info lomba lukis Mandiri,sebenarnya kompetisi bukan untuk cari "jawara,jati diri dan silaturakhmi perupa sangat perlu"dikembangbiakan biar ngga ego,ah.
10/02/2015 23:32 | icha | saya mw jual brang py kkek msa penjajahan di ambon.... samurai bs ditekuk pjang bget... ada belati kecil beserta bendera jepang msa lampau... ada tulisan di sebuah uukuran kertas seperti kulit binatang tpi tulisan jepang... mhon bntuan nya mau jual saja butuh ug urgent
read more »
About Us
Indonesia Art News merupakan media tentang dinamika seni yang berkait dengan aspek keindonesiaan. Media ini berusaha untuk mengedepankan segi informasi ihwal seni yang dikemas dengan cara pandang kritis dan muatan yang investigative. Indonesia Art News berkedudukan di Yogyakarta, Indonesia
Gabung di Facebook
Buku Tamu
Pengelola IAN
Editor in chief:Kuss Indarto
Editor:R. Toto Sugiarto
Designer:Andika Indrayana
Email - info@indonesiaartnews.or.id