HOME     NEWS     EVENTS     ARTICLES     DIRECTORY     BOOKS     OPPORTUNITIES  
   
Student Research Colloquium 2012
Latar Belakang

Kebudayaan dan peradaban manusia dapat terus berkembang karena adanya produksi pengetahuan yang tak pernah berhenti. Institusi pendidikan tinggi adalah salah satu agensi yang berperan sentral dalam produksi pengetahuan tersebut. Dalam konteks produksi pengetahuan pada tataran pendidikan tinggi di universitas ini, riset menjadi arena utama tempat aktifitas produksi dan pengembangan pengetahuan dilangsungkan. Riset unggulan yang berbobot diyakini lahir khususnya dari jenjang pascasarjana, yang secara umum disepakati sebagai ujung tombak aktifitas riset pada tataran universitas, dan melalui riset pascasarjana inilah universitas-universitas di seluruh dunia berpacumenjadikan dirinya sebagai universitas berkelas dunia.

Dewasa ini, ada amatan bahwa produksi pengetahuan di Indonesia cenderung melambat, yang ditandai oleh kecilnya jumlah hasil riset para sarjana dan ilmuwan Indonesia, terutama yang diterbitkan di jurnal-jurnal ilmiah di dalam maupun di luar negeri. Para periset tampaknya mengalami persoalan dalam menuangkan hasil atau temuan risetnya dalam tulisan ilmiah yang berbobot dan memenuhi kaidah-kaidah internasional, sementara jurnal-jurnal ilmiah yang kini ada senantiasa menghadapi persoalan klasik, yakni kurangnya masukan karya ilmiah yang berbobot untuk dipublikasikan.

Sejumlah langkah kebijakan telah ditempuh, antara lain dengan memperbanyak jumlah dan jenis hibah riset, memberikan insentif bagi periset yang karyanya diterbitkan dalam jurnal ilmiah, dan memberikan fasilitas serta dukungan kepada jurnal-jurnal yang ada agar dapat mengembangkan diri. Namun, hasilnya belum juga terlihat menggembirakan. Padahal, tuntutan persaingan regional dan internasional di bidang produksi pengetahuan kian menguat, dan Indonesia sebagai sebuah Negara dengan sumber daya alam dan manusia yang besar harus dapat menjadi pemain utama alih-alih terpinggirkan sebagai penerima pasif semata aliran pengetahuan dari tempat-tempat lain.

Dalam situasi seperti ini, diperlukan sebuah terobosan nyata yang bisa mengatasi kebuntuan produksi pengetahuan, dan pendidikan serta penelitian pada tataran pascasarjana merupakan pintu masuk serta ruang strategis untuk membina, menggalakkan, dan menghasilkan penelitian-penelitian berbobot. Pendidikan dan penelitian pascasarjana memiliki peluang terbesar untuk tidak hanya mengolah dan menghasilkan pengetahuan-pengetahuan baru melainkan juga untuk menyebarluaskannya di berbagai komunitas keilmuan serta masyarakat luas secara umum. Pada tataran pascasarjana inilah tulang punggung universitas riset diletakkan dan aktifitas-aktifitas riset yang berkelas dunia dapat dirintis serta diwujudkan.

Untuk itu, Jurnal Makara Seri Sosial Humaniora menyelenggarakan sebuah ajang gelar penelitian di bidang social humaniora untuk para mahasiswa pascasarjana yang disebut dengan Student Research Colloquium 2012. Dalam forum ini, para mahasiswa pascasarjana dari berbagai wilayah di Indonesia yang telah melalui proses seleksi ketat menyajikan dan menajamkan hasil-hasil penelitian mereka sehingga siap untuk diterbitkan dalam jurnal-jurnal ilmiah nasional terakreditasi ataupun jurnal-jurnal ilmiah internasional.

Pendaftaran

Pendaftaran dimulai pada 10 Juli dan ditutup pada 5 Agustus 2012. Persyaratan berkas yang harus dikirim:

- Formulir Pendaftaran. Klik http://www.research.ui.ac.id/drpm/src2012

- Formulir kesediaan mengikuti kolokium di atas kertas bermaterai Rp. 6000,- [download]

- Menyerahkan daftar riwayat hidup lengkap.

- Fotokopi/scan kartu mahasiswa yang masih berlaku.

- Naskah ilmiah hasil penelitian (rangkap 3)

- Surat rekomendasi dari institusi pendidikan

Semua berkas discan dan dikirim ke e-mail korespondensi (kepada: Sdr. Citra Wardani, M.Si. (citrawardhani@ui.ac.id) dan file asli dikirim via pos ke alamat:

Gedung DRPM-UI Lantai 2
Kampus Universitas Indonesia
Depok 16424

Tidak dikenakan biaya untuk pendaftaran.

Persyaratan Formal Naskah

Naskah ilmiah ditulis dan disimpan dalam pengolah kata Word Document versi 97-2003 (.doc), maksimum 5000 kata menggunakan huruf Times New Roman 12 pt spasi 1,5 dalam kertas A4 marjin pada keempat sisi sebesar 2,5 cm. Naskah disertai abstrak maksimum 200 kata, kata-kata kunci dan daftar pustaka. Pada halaman sampul berisi judul naskah, nama lengkap penulis, institusi asal penulis, dan nama acara (Student Research Colloquium 2012, Jurnal Makara Seri Sosial Humaniora).

Seleksi

Data dan naskah yang diterima panitia akan dipelajari dan diseleksi oleh sebuah tim seleksi yang dibentuk panitia dan melibatkan Ketua Editor dan para anggota Dewan Editor Jurnal Makara Seri Sosial Humaniora. Seleksi naskah dilakukan berdasarkan kriteria 1) orisinalitas/kebaruangagasan, 2) relevansi dengan kehidupan nyata, 3) kontribusinya pada ilmu pengetahuan terkait, 4) kohesi dan koherensi gagasan, dan 5) kerapian formal naskah.

Orisinalitas/Kebaruan: hasil penelitian menawarkan pemahaman baru atas sesuatu, atau cara baru untuk melakukan sesuatu, atau solusi bagi suatu permasalahan, atau model penelitian baru atas sesuatu yang belum pernah digagas sebelumnya oleh orang lain.

Relevansi: Hasil penelitian memiliki relevansi signifikan dengan kehidupan nyata pada sektor-sektor sosial, budaya, politik, ekonomi, institusi, dan kemanusiaan, yang meliputi aspek kekinian dan urgensi penelitian, dengan ditunjang oleh acuan primer yang mutakhir.

Kontribusi: Hasil penelitian memberikan kontribusi bagi perkembangan ilmu pengetahuan terkait dan menjadi bagian dari continuum serta dialog ilmiah dalam komunitas ilmunya.


Kohesidan Koherensi: Naskah penelitian dibangun di atas organisasi gagasan yang logis, sistematis, jelas, dan utuh, sebagai mana tercermin dalam alur pikiran, pembagian bab dan sub-bab, serta bobot argumentasi.

Kerapian: Naskah penelitian disiapkan, ditulis, dan disajikan secara rapi, baik dari segi format maupun bahasa, yang meliputi aspek-aspek ketaatazasan, ketelitian, dan kelugasan. Format naskah mengikuti petunjuk format Jurnal Makara.

Baik peserta yang naskahnya diterima maupun ditolak akan diberi kabar tentang hasil keputusan tim seleksi selambat-lambatnya pada 20 Agustus 2012 melalui email. Keputusan tim seleksi tidak dapat diganggu gugat.

Bantuan Pendanaan

Biaya keikutsertaan dalam kolokium ditanggung oleh panitia penyelenggara, yang meliputi: biaya transportasi (darat/udara/laut), akomodasi, konsumsi, dan administrasi. Biaya transportasi yang ditanggung maksimal Rp. 3 Juta.

Peserta terpilih membeli tiket perjalanannya sendiri dan biaya perjalanan akan diganti setelah peserta tiba di tempat acara, dengan menyerahkan bukti pembelian tiket perjalanan p.p. dan/atau bukti pengeluaran biaya perjalanan.

Format Acara

Setiap peserta yang naskah hasil penelitiannya diterima akan memaparkan isi tulisannya secara lisan selama 20 menit. Pemaparan akan diikuti oleh diskusi intens yang dapat berupa pertanyaan, masukan, sanggahan, dan penambahan informasi, dari para peserta lainnya serta para pendamping (coaches). Para pendamping ini adalah pakar-pakar terkemuka di bidang ilmu terkait, yang diundang khusus untuk membantu peserta melakukan penyempurnaan atas naskah ilmiahnya.

Peserta wajib mengikuti seluruh acara secara penuh. Kegagalan memenuhi persyaratan ini dapat berakibat pada tidak diberikan sertifikat keikutsertaan dan/atau penggantian biaya keikutsertaan.

Coach

Prof. Dr. Andreas Budiarjo
Prof. Dr. Melani Budianta, M.A.
Prof. Djamaludin Ancok, Ph.D.
Prof. Dr. Dra. Sulistyowati Irianto, M.A.
Prof. Dr. Ali Liche Setiani, M.Si.
Dr. Bambang Wiharto

Jadwal Acara

Selasa, 11 September 2012        

12.00 – 13.00   Registrasi dan makan siang
13.00 – 13.15   Pembukaan
13.15 – 14.30   Seminar 1 (Prof. Dr. Andreas Budiarjo: Metodologi)
14.30 – 16.00   Workshop 1A (2 pemapar)
                       Workshop 1B (2 pemapar)

Rabu, 12 September 2012

08.30 – 10.30    Workshop 2A (3 pemapar)
                        Workshop 2B (3 pemapar)
10.30 – 12.00    Roundtable 1 (coaching session)
12.00 – 13.00    ISHOMA
13.00 – 14.00    Seminar 2 (Prof. Dr. Melani Budianta: Interdisiplin)
14.00 – 16.15    Workshop 3A (3 pemapar)
                        Workshop 3B (3 pemapar)

Kamis, 13 September 2012

08.30 – 10.00    Workshop 4A (2 pemapar)
                        Workshop 4B (2 pemapar)
10.00 – 11.00    Roundtable 2 (coaching session)
11.00 – 12.00              Action plan
12.00 – 12.15              Penutupan

Semua korespondensi berkaitan dengan kolokium ditujukan pada:

Citra Wardani, M.Si.
Jurnal Makara Seri Sosial-Humaniora
Gedung DRPM-UI Lantai 2
Kampus Universitas Indonesia
Depok 16424
Tel. (021) 727-0152
Fax (021) 7884-9119
Email ke: citrawardhani@ui.ac.id
        cc : editor_mssh@ui.ac.id
15-04-2014
Simposium INISIATIF WARGA DALAM SENI DAN SAINS
di Auditorium Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada Jl. Flora, Bulaksumur, Yogyakarta
15-04-2014
Pembukaan NALARROEPA Ruang Seni dan Pameran Seni Rupa MJK club
di Karangjati RT.05, RW. XI. Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta
04-04-2014
Presentasi dan pemutaran film "Rangsa ni Tonun"
di Auditorium Museum Sonobudoyo, Jl. Trikora 6, Yogyakarta
03-04-2014
Diskusi Publik "Open Source"
di Klinik Kopi. Jl. Affandi/Gejayan, (Belakang TB. Toga Mas Yogyakarta)
02-04-2014
Pemutaran Film: “David Wants to Fly”
di Ruang Pertunjukan (Lt. 2), Kedai Kebun Forum, Yogyakarta
01-04-2014
LAUNCHING LAGU "JOGED-E PENGUOSO"
di Kampung Edukasi, Watu Lumbung, Bukit Parangtritis
31-03-2014
Bedah Buku "Soeka-Doeka di Djawa Tempo Doeloe"
di Balai Soedjatmoko, Jl. Slamet Riyadi, Solo/Surakarta
30-03-2014 s/d 20-04-2014
Pameran “Tanah to Indai Kitai” (Tanah adalah Ibu Kita):
di ViaVia Café, Jl. Prawirotaman 30 Jogjakarta
30-03-2014 s/d 20-04-2014
Pameran “Tanah to Indai Kitai” (Tanah adalah Ibu Kita): Potret Kehidupan Dayak Iban Sui Utik, Kalbar
di ViaVia Café, Jl. Prawirotaman 30, Jogjakarta
29-03-2014
WORKSHOP: PEMBINAAN KREATIVITAS DALAM PENDIDIKAN SENI DAN BERKENALAN DENGAN BAHASA RUPA
di Auditorium Lantai 6 Gedung B, Universitas Widyatama, Jl. Cikutra No. 204A Bandung 40125
read more »
Minggu, 13-04-2014
Upacara Tradisional, Kohesi Sosial, dan Bangunan Kebangsaan
oleh Ayu Sutarto
Selasa, 01-04-2014
Membela dengan Sastra (Sebuah Pidato Kebudayaan)
oleh Ahmad Tohari
Rabu, 26-03-2014
Warisan Demokrasi Gorontalo
oleh Hasanuddin
Selasa, 18-03-2014
Demokrasi Berbudaya Minahasa
oleh Jultje Rattu
Kamis, 13-03-2014
Mengejar Penonton Drama Musikal
oleh Sri Bramantoro Abdinagoro
read more »
Merajakan Nalar di Tengah Kepungan Hedonisme
oleh Christian Heru Cahyo Saputro
Buku bertajuk: Acropolis (Kerajaan Nalar) yang merupakan kumpulan kolom karya wartawan SKH Lampung Post Heri Wardoyo (HRW) hadir meramaikan pasar wacana. Buku yang berisi kolom-kolom Heri Wardoyo ini pernah dimuat di rubrik ‘Nuansa’ Lampung Post bertitimangsa tahun...
Fantasi Balzac tentang Pulau Jawa
oleh Sigit Susanto
Merajut Masa Depan Bocah Merapi
oleh T. Nugroho Angkasa S.Pd.
Novel Kasongan, Seliat Tanah Liat
oleh R. Toto Sugiharto
read more »
Lomba Foto “Air dan Sanitasi untuk Kehidupan yang Lebih Baik”
6th Beijing International Art Biennale 2015
Sayembara Cipta Kreasi Motif Batik Seragam Dinas Harian RSUP Dr Kariadi 2014
Lomba Desain Sepatu Tingkat Nasional 2014
LOMBA DESAIN MURAL GALERI NASIONAL INDONESIA 2014
LOMBA CIPTA SENI BATIK NUSANTARA 2014
The 4th Bangkok Triennale International: Print and Drawing
Iver Jåks Artist-In-Residency Program 2014
UNDANGAN Pameran Seni Rupa Karya Guru Seni Budaya “GURU SENI BERLARI” - GALERI NASIONAL INDONESIA
Grants for Media Art 2014 of the Foundation of Lower Saxony at the Edith-Russ-Haus, Germany
read more »
16/04/2014 22:51 | abercrombie deutschland | Apples iPad wird den Markt für Tablet Computer nach Expertenschätzungen noch auf Jahre beherrschen. Einzig das Google Betriebssystem Android werde sich als starker Wettbewerber etablieren, prognostizierten die Marktforscher von Gartner. abercrombie deutschland http://nanosmat.org/hifsxs/afde.asp
16/04/2014 17:06 | burberry handtaschen | ich kann mich auch garn nicht mer kontzentrieren, und schlaffen fellt mir schon laange sehr schwer burberry handtaschen http://www.handtaschendeutschlandshop.com/index.php?main_page=index&cPath=16_28
07/04/2014 00:46 | abdul aziz | mohon bantuan untuk penerbitan buku topeng blantek
03/04/2014 21:13 | Aprimas | Selamat dan Sukses untuk "Guru" Seni Rupa di seluruh Indonesia, Smoga kedepan semakin kreatif, produktif dan inovatif, sehingga dapat sebagai acuan dan pacuan kreativitas bagi generasi masa epan,...Salam
15/03/2014 18:09 | Lilik Indrawati | Ok. I will tray... matur nuwun Pak Kuss.
read more »
About Us
Indonesia Art News merupakan media tentang dinamika seni yang berkait dengan aspek keindonesiaan. Media ini berusaha untuk mengedepankan segi informasi ihwal seni yang dikemas dengan cara pandang kritis dan muatan yang investigative. Indonesia Art News berkedudukan di Yogyakarta, Indonesia
Gabung di Facebook
Buku Tamu
Pengelola IAN
Editor in chief:Kuss Indarto
Editor:R. Toto Sugiarto
Designer:Andika Indrayana
Email - info@indonesiaartnews.or.id