HOME     NEWS     EVENTS     ARTICLES     DIRECTORY     BOOKS     OPPORTUNITIES  
   
Sabtu, 18 Februari 2012 - 21:42
Indoscape: A “Geo-History”
oleh Jim Supangkat
Salah satu karya Aditya Novali yang dipamerkan di pameran tunggalnya, Indoscape: A "Geo-History"
Code 1

Sampai sekarang masih kuat persepsi yang memandang karya-karya di museum seni rupa sebagai benda-benda sakral. Padahal pada perkembangan seni rupa sekarang ini sudah muncul berbagai pandangan dan pemikiran yang kritis pada sakralisasi benda-benda museum. Sakralisasi ini tercermin pada berbagai aturan museum yang membuat karya yang dipajang menjadi punya jarak dengan publik. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa karya-karya ini tidak boleh disentuh. Kendati harus diakui ada alasan keamanan—menghindari kerusakan—sakralisasi ini menjadi berlebihan. Pemasangan barikade membuat karya-karya yang dipajang di museum seperti terkucil karena tidak bisa didekati.


Ketika pemikiran kritis pada pengucilan benda-benda museum itu menjadi isu pada tahun 1970an muncul karya-karya seni rupa yang justru mengundang partisipasi publik. Bukan sekadar boleh menyentuh, karya-karya ini baru menjadi bermakna ketika terjadi intervensi publik, misalnya dengan menarik tuas pada karya yang membuat berbagai elemen pada karya ini menjadi bergerak. Sampai sekarang karya-karya seperti ini masih muncul pada perkembangan seni rupa kontemporer walau tidak lagi bertumpu pada penenentangan sakralisasi benda-benda museum. Kecenderungan ini sudah menjadi bahasa ungkapan.

Karya-karya Aditya Novali—sejak awal karirnya sampai pada pameran ini—menunjukkan gejala itu.  Dasarnya tidak sepenuhnya pengaruh perkembangan seni rupa kontemporer menentang sakralisasi benda-benda museum. Kecenderungan pada karya-karya Aditya Novali bertumpu pada konsep permainan. Aditya Novali seperti ingin mengajak publik bermain, seperti pada permainan ular tangga, monopoli, dam, halma, atau catur. Konsep permainan ini mempengaruhi proses pembentukan bahasa ungkapannya.
   
Pada mulanya karya-karyanya menyajikan konsep permainan yang kompleks. Karya-karya ini dilengkapi  semacam aturan bermain yang ditempelkan di sisi karyanya. Karya-karyanya menarik perhatian publik bukan karena boleh disentuh tapi karena tidak biasa dan teresan memperlihatkan pemikiran. Dengan karya-karya semacam ini nama Aditya Novali masuk nominasi Indonesia Art Award pada tahun 1997 dan 1999. Pada tahun 2003 karya-karyanya terpilih untuk tampil pada CP Open Biennalle I di Galeri Nasional.

Kerumitan permainan itu membuat karya-karya Aditya Novali memperlihatkan kecenderungan konseptual—walau tidak bertumpu pada conceptual art yang berkembang pada seni rupa kontemporer tahun 1970an.  Karyanya dicipatkan berdasarkan sesuatu konsep pemikiran dan pada prosesnya mengutamakan gagasan (ide).  Kecenderungan ini hampir berlawanan dengan cara berkarya yang mengutamakan emosi, perasaan dan pengolahan bahasa ungkapan yang prosesnya seringkali dimulai tanpa gagasan sama sekali.

Kecenderungan menampilkan karya yang konseptual itu bisa dilihat sebagai tanda perkembangan karya-karya  Aditya Novali.  Ia melukis sejak kecil dan di tahun 1980an ia menarik perhatian dunia anak-anak sebagai pelukis cilik dan dalang cilik—hasil didikan ibunya seorang perupa lulusan Institut Seni Indonesia, Yogyakarta. Kendati ia menempuh pendidikan di Fakultas Arsitektur, Universitas Parahyangan, Bandung—lulus pada 2002—Aditya Novali tidak pernah meninggalkan kegiatan melukis.  Sampai pertengahan 1990, lukisan-lukisannya ekspresif, mengutamakan pengolahan bahasa ungkapan dan dalam perkembangannya menjadi nyaris abstrak.
 
Karena itu pengutamaan gagasan dalam berkarya menunjukkan perubahan besar. Ia meninggalkan penjelajahan bahasa ungkapan berdasarkan emosi dan perasaan. Penjelajahan ini digantikan dengan penciptaan bentukan rupa (nyaris tidak bisa dibatasi) yang dasarnya mengandalkan pengalaman visual—di mana terkandung kepekaan arstistik. Seperti dalam proses disain, penciptaan bentukan rupa ini lebih terbuka bagi masuknya ide, konsep dan pemikiran.
 
Antara 2006 – 2008, Aditya Novali melanjutkan studinya di Design Academy Eindhoven di Belanda. Pendidikan tinggi ini dikenal mengutamakan pemikiran dan pemecahan persoalan dengan cara –cara yang tidak konvensional.  Kendati menggunakan label “design” pengajaran di akademi ini menerobos batas-batas art dan design. Aditya Novali lulus tes masuk akademi ini karena karya-karyanya berada di batas art dan design dan dinilai sebagai perupa yang menerapkan pemikiran pada pengembangan bahasa ungkapan. Setelah menjalani studi yang cukup berat—memang menjadi metode pada akademi ini—Aditya Novali berhasil meraih gelar master dalam kategori conceptual design.

Sekembalinya dari Belanda Aditya Novali mengembangkan konsep permainan pada karya-karyanya dan sampai pada konsep “lukisan-lukisan yang bisa diubah”—ia menyebutnya rotatable paintings. Lukisan semacam ini terdiri dari bilah-bilah papan yang dikontruksikan menjadi tabung segitiga yang mempunyai tiga permukaan. Tabung-tabung segitiga ini dikonstruksikan berjajar (horisontal atau vertikal) dan masing-masing bisa diputar secara independen. Dengan memutar tabung segitiga ini publik bisa menentukan pilihan gambaran pada tiga permukaan tabung segitiga ini dan memilih juga kombonasinya. Menghadapi pilihan publik, Aditya Novali memperhitungkan puluhan komposisi kombinasi yang semuanya harus bagus dan bermakna.
 
Code 2

Ketika mengikuti CP Biennale II, 2005 yang diselenggarakan di Museum Bank Indonesia, Jakarta, Aditya Novali menampilkan sebuah konstruksi besi berskala besar yang memperlihatkan susunan ruang.  Kendati telanjang konstruksi ini dengan kuat menunjukkan semacam himpunan bangunan apartemen.  Pada konstruksi ini Aditya Novali menempatkan ratusan lampu kecil dengan beberapa opsi.  Dengan menekan tombol publik bisa menjelajahi beberapa kombinasi pencahayaan. Penjelajahan ini membangkitkan kesan kuat, himpunan apartemen pada konstruksi besi berskala besar ini telah berkembang menjadi sebuah kota.


Karya itu menunjukkan kecenderungan lain pada karya-kjarya Aditya Novali, pada perkembangan 2000an. Ada ketertarikan padanya untuk mempersoalkan masalah urban. Secara khusus mengkaji masalah ruang dalam kehidupan urban; susunan ruang-ruang hidup, ruang di mana kehidupan berlangsung sehari-hari termasuk ruang-ruang publik.

Pada awal 2000an, sebelum belajar ke Belanda, Aditya Novali membuat sejumlah karya yang menampilkan ruang dengan bidang-bidang transparan. Pada karya-karya ini ia tidak menampilkan dwelling pada sebuah ruang kota tapi dwelling berskala rumah tinggal (apartemen).  Kendati ia tidak secara realistis membuat interior sebuah apartemen, karyanya terkesan mempersoalkan ruang tempat tinggal pada kehidupan urban di mana manusia harus menyesuaikan diri dengan menyempitnya ruang hidup, dan, terancamnya privacy.   

Karya itu tidak berhenti pada bentuk tiga dimensi. Aditya Novali memotret karya-karya itu dengan bantuan berbagai kemungkinan pencahayaan dan memperhitungkan efek bayangan. Hasilnya seri  foto, dan slides presentation yang menarik. Ketika itu sudah ada gagasan membuat video art, namun tidak sampai ia laksanakan.

Dalam perkembangan sekarang persoalan kehidupan urban pada karya-karya Aditya Novali menjadi semakin jelas. Ia menggunakan konsep rotatable painting untuk menampilkan susunan ruang. Bila pada perkembangan sebelumnya, rotatable paintings yang dibuatnya lebih banyak menampilkan landscape, pada perkembangan baru ini, rotatable painting digunakannya untuk menampilkan dimensi ruang pada bangunan rumah susun atau apartemen. Di sini masalah urban tampak jelas. Inilah karya-karya yang disajikan Aditya Novali pada pameran tunggalnya di Galeri Canna, Jakarta Art District ini.

Karyanya Unrepresentable Freedom (2011) pada pameran ini memperlihatkan penggabungan itu yang tetap memerlukan intervensi publik  Karya ini menampilkan façade bangunan rumah susun bertingkat delapan—setiap bilah yang bisa diputar menggambarkan sebuah tingkat rumah susun. Muncul beberapa tampilan yang merupakan pilihan. Namun semua tampilan menyodorkan suasana kelam, karena diputar ke mana pun semua deretan jendela pada tingkatan rumah susun ini punya pola jeruji besi yang biasa terlihat pada bangunan penjara, atau, jendela bangunan militer di zaman kolonial.

Pada karya itu Aditya Novali menyodorkan dilema masyarakat.  Ada wacana di baliknya. Karya ini bisa dikaitkan dengan buku John Turner—pertama kali terbit pada awal 1970an—yaitu Freedom to Build yang mengeritik sistem pembangunan rumah murah (low housing) di seluruh dunia. Konsep low housing yang dikritik John Turner ditemukan pada 1915. Pada 1940 dikembangkan menjadi konsep pembangunan perumahan murah di seluruh dunia khususnya pembangunan low housing yang mendapat bantuan Bank Dunia.  Konsep ini masih diterapkan sampai sekarang. Di Indonesia mendasari pembangun rumah susun tipe S (sederhana) dan tipe SS (sangat sederhana)

Melalui sejumlah pengkajian John Turner menemukan bahwa konsep itu tidak efektif dalam mengangkat kualitas hidup dan kesejahteraan kalangan bawah. Ia mengemukakan konsep perumahan ini tidak membuka ruang bagi keterlibatan calon penghuninya yang dihitung hanya sebagai satuan ekonomi. Menurut  John Turner konsep ini mencerminkan rumah kelas menengah Amerika pada awal Abad ke 20 yang ternyata tidak sesuai dengan kebanyakan masyarakat di negara miskin. Secara budaya mau pun secara ekonomi.

Dalam pandangan John Turner, pembangunan low housing akan menjadi lebih efektif dan justru bisa lebih murah apabila memperhitungkan aspek budaya. Pendekatan budaya ini melibatkan masyarakat lokal dalam merencanakan dan membangun [sendiri] perumahan murah. Upaya ini membutuhkan kemauan untuk menyusun anggaran yang beragam—khususnya di tingkat Bank Dunia— dan bukan anggaran “pukul rata”.

Dalam Freedom to Build, John Turner mengemukakan dasar-dasar pemikirannya tentang perumahan murah itu. Ia mengingatkan bahwa kata “housing” yang sekarang dipahami sebagai “kata benda” (perumahan) sebenarnya berasal dari kata kerja “to house”. Maka pengertian housing sebenarnya adalah “kata kerja” (housing as a verb) yang menunjuk aktivitas membangun rumah dalam kaitan memenuhi kebutuhan azasi yang bersifat personal dalam kehidupan manusia pada tingkat sosial mana pun.

Karya-karya Aditya Novali yang lain pada pameran ini, Metropolitan Landscape (2011),  Silent Scream (2011), dan, Metropolitan Monument (2011) menegaskan pandangan John Turner itu. Pada karya-karya ini Aditya Novali menjelajahi ruang dalam perumahan pada kehidupan urban. Ia mengungkapkan berbagai perjuangan manusia menghadapi berbagai keterbatasan pada ruang hidup.  Simbol kehancuran dan kematian pada karya-karya ini menunjukkan visi Aditya Novali tentang berbagai kemustahilan aktualisasi diri dalam kehidupan urban. Ia menegaskan kesimpulan yang sudah umum dikenal yaitu munculnya sindrom alineasi pada kehidupan urban-metropolitan.

Realitas pada ungkapan Aditya Novali adalah realitas kehidupan urban di Indonesia yang muncul pada pada akhir abad ke-19 di masa kolonial.  Terjadi bersama perkembangan kota di zaman itu yang diikuti kemunculan civil society. Sejumlah sejarawan menyebutnya sebagai “zaman modal”. Ketika itu masyarakat swasta (keturunan Belanda dan pribumi) berhasil memperjuangkan hak-haknya. Berkembangnya perdagangan dan perkebunan-perkebunan swasta yang sebelumnya dimonopoli pemerintah kolonial, membuat civil society mempunyai kekuatan politis untuk mendesak pemerintah kolonial menyediakan fasilitas publik.

Di masa itu pula pegawai administrasi pribumi berkembang jumlahnya dan memasuki birokrasi pemerintah kolonial. Kelompok ini ikut membentuk masyarakat kelas menengah karena terdidik dan punya penghasilan lebih dari penghasilan rata-rata pribumi saat itu. Mereka memiliki kesadaran, keyakinan dan kemampuan berpikir yang sama dengan masyarakat kelas menengah berkebangsaan Belanda.

Keadaan seperti itu bertahan sampai awal 1950-an, ketika kota-kota di Indonesia belum banyak berubah. Di kota-kota di Indonesia masih bisa ditemukan berbagai permukiman dengan deretan rumah yang merepresentasikan urban planning. Terlihat rumah-rumah “biasa” untuk pegawai—ukurannya tidak terlalu besar— dibangun di dekat pusat-pusat kegiatan instiotsi publik, seperti jawatan-jawatan, rumah sakit dan jaringan kereta api. Terlihat juga rumah-rumah bergaya Art-Deco di lokasi up-town jauh dari kawasan perdagangan dan perkantoran pemerintahan di down-town. Penghuni rumah-rumah ini adalah pejabat-pejabat tinggi pemerintahan, hakim, jaksa, dan kaum profesional (dokter, sarjana hukum, arsitek, insinyur, ilmuwan, guru, dan akuntan). Mereka adalah masyarakat kelas menengah yang punya pengaruh dalam menentukan perkembangan politik Indonesia. Tercermin paling tidak pada Pemilihan Umum 1955.

Keadaan itu berubah ketika di tahun 1957, presiden waktu itu Soekarno, menjalankan demokrasi terpimpin yang sosialistis. Pemerintahan yang muncul kemudian menyingkirkan kritisisme dan suara oposisi; parlemen dibungkam dan tradisi intelektual “dibunuh”.  Sejak itu posisi kelas menengah dan civil society menjadi tidak jelas.  Perkembangan masyarakat di luar urusan politik—kesejahteraan, pendidikan, penataan pemukiman, pengembangan kota—ikut menjadi tidak jelas. Infrastruktur kota mulai menunjukkan tanda-tanda keruntuhan ketika terjadi krisis ekonomi yang memunculkan arus pindahnya masyarakat desa ke kota.

Perkembangan masyarakat tanpa arah itu tidak berubah ketika terjadi peralihan kekuasaan pada tahun 1966. Muncul pemerintahan baru di bawah Presiden Suharto yang memusatkan programnya pada persoalan ekonomi.  Perkembangan ekonomi terpusat di kota-kota besar.  Arus perpindahan masyarakat desa ke kota, semakin deras. Kerusakan infrastruktur kota terjadi di kota-kota besar maupun kota-kota berskala menengah. Kondisi ini mempengaruhi tingkat kesejahteraan masyarakat bila dilihat dari kondisi pemukiman, distribusi air bersih, dan, jalur transportasi yang merupakan nadi perekonomian. Urban planning yang masih bisa dirasakan hadir pada masa awal Republik, hilang sama sekali.    

Catatan sejarah itu yang berdampak pada masalah urban dan perkembangan civil society itu menunjukkan besarnya peran kenegarawan presiden dan penyusunan policy pemerintahan dalam menentukan perkembangan masyarakat yang tercermin pada lingkup kehidupannya. Aditya Novali mengungkapkan dilema itu melalui dua karya, Invisible Space (2011) dan Invisible Structure (2011).

Subject matter kedua karya ini adalah Istana Merdeka di Jakarta, bangunan kolonial yang menjadi pusat pemerintahan sejak zaman penjajahan. Istana Mereka merupakan bagian muka tempat tinggal resmi presiden yang menghadap ke Lapangan Monas. Di puncaknya, sang saka Merah Putih dikibarkan untuk pertama kalinya pada Desember 1949 setelah upacara penyerahan pemerintahan (Indonesia diwakili Sultan Hamengkubuwono IX) di mana Kerajaan Belanda  mengakui kedaulatan Indonesia (dinyatakan melalui rekaman suara pidato Ratu Belanda). Bagian belakang bagunan ini dikenal sebagai Istana Negara.

Pada karya-karyanya Aditya Novali menampilkannya Istana Merdeka dalam bentuk maket.  Invisible Space merupakan maket dari bidang-bidang transparan, sementara Invisible Structure merupakan outline Istana Negara yang dibentuk dengan batang-batang logam.  Kedua maket dipresentasikan di atas sebuah neon box yang cahayanya menyorot ke atas. Pencahayaan teatrikal ini dengan kuat memancing pertanyaan, ada apa dengan tradisi kepemimpinan politik Indonesia ?

Code 3

Aditya Novali mengemukakan bahwa dalam berkarya ia cenderung membuat seri karya. Karya-karyanya yang menampilkan persoalan urban melalui susunan ruang ia sebut, “A House is not a home Series”.  Karya-karya dengan subject matter Istana Merdeka—termasuk sebuah rotatable painting yang dilengkapi pencahayaan lampu LED berjudul The End One Day (2011)—disebutnya “Infinity Series”.  


Bila dibandingkan, serial karya lebih sering digunakan seniman untuk melakukan penjelajahan bahasa. Seri karya Aditya Novali mencerminkan penjelajahan pemikiran. Pada serial karya Aditya Novali perbendaharaan bahasa ungkapan—yang dijelajahi secara terpisah—bercampur.  Pada kedua karya serialnya bisa ditemukan berbagai bahasa ungkapan—rotatable painting, konsep permainan, susunan ruang,dan, sistem pencahayaan—yang secara bersama mau pun sendiri-sendiri digunakan untuk menyampaikan massage.
    
Karya serial  Aditya Novali mencerminkan upayanya menghindari penyempitan persoalan (sesuatu masalah punya hanya satu persoalan di baliknya, dan, punya hanya satu pemecahan, kesimpulan atau jawaban). Karya-karya serial serial ini menunjukkan kepercayaannya bahwa sesuatu masalah mempunyai banyak dimensi persoalan.  Masalah pada karya-karya serial ini menjadi kompleks karena berhubungan.  A House is not a home Series, yang bisa dilihat membawa persoalan urban, dengan segera menjadi persoalan urban di Indonesia ketika dihubungkan dengan Infinity Series.

Paralel dengan kedua karya seri itu, Aditya Novali pada pameran ini membuat karya serial lain yaitu Identifyng Indonesia Series . Kembali terlihat karya seri ini berhubungan dengan  A House is not a home Series dan Infinity Series. Karya seri inilah yang menjadi dasar tajuk pameran tunggalnya di Galeri Canna, Jakarta Art District ini—Indoscape : A “Geo History”.  

Empat karya pada seri karya itu bermain-main dengan peta Indonesia—dasar istilah “Indoscape”. Judul empat karya ini menyugestikan sesuatu pemikiran: the proses, the chaos, the history dan the contemporary.  Pada The Proses (2011) peta Indonesia yang dibentuk dari batang-batang logam ditampilkan dalam sebuah kotak kaca tipis menyerupai akuarium. Pada mulanya peta Indonesia tidak terlihat karena keseluruhannya tertimbun lilin padat. Peta ini muncul sedikit demi sedikit setelah lilin yang menutupinya mencair.  Lilin meleleh setelah batang logam yang membentuk peta dipanaskan melalui aliran lisrtik. Pada The Chaos (2011) peta Indonesia ditampilkan mengambang pada kotak kaca yang kali ini benar-benar seperti akuarium karena diisi air. Komponen peta ini—Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan dan sebagainya—terjungkir balik karena pompaan udara ke air akuararium.

The History (2011) yang tampilannya sama dengan kedua karya tadi, lebih statis—tidak ada gerak, tidak ada proses. Pada kotak kaca ini ribuan tengkorak kecil-kecil berhimpitan seperti kacang dalam stoples. Menggunakan kontras warna hitam putih dan nuasa berbagai warna kulit manusia Adytia Novali menata susunan warna yang samar-samar menampilkan peta Indonesia. Sebaliknya dari The History, karya The Contemporary (2011) jauh dari statis karena memerlukan partisipasi publik. Peta Indonesia pada karya ini terbentuk dari ratusan titik-titik lampu LED yang aktivasinya dikendalikan sejumlah tombol di hadapan kotak kaca. Bila tombol tidak ditekan, kotak kaca terlihat seperi LCD yang tidak diaktifkan (gelap). Bila tombol ditekan akan muncul image Pulau Sumatera, Pulau Bali, Pulau Jawa dan sebagainya. Namun pada deretan tombol tidak ada keterangan sama sekali. Publik yang menekan tombol harus menerima saja pulau apa pun yang muncul pada tabir gelap tadi. Tidak mungkin mencari-cari misalnya, “Mana ya Pulau Sulawesi, tempat kelahiranku ?”
Realitas yang dipersoalkan Aditya Novali pada karya serial itu tidak terbatas pada realitas sosial-politik. Dari realitas yang dihadapinya sekarang ini ia mencoba melihat ke belakang ke proses pembentukan Indonesia. Di lihat dari sisi pemikiran karya-karyanya pada seri Identifyng Indonesia ini menunjukan  ia memperpanjang ruang  dan waktu pada realitas yang dihadapinya. Realitas yang dihadapi Indonesia, baginya  bukan sekadar realitasi masa kini.

Karena itu karya-karya Aditya Novali tidak bisa disebut memperlihatkan komentar sosial (social commentary).  Kendati karya-karyanya tidak bisa dilepaskan dari persoalan masyarakat  termasuk persoalan-persoalan sosial-politik yang aktual, persoalan realitas pada karya-karyanya adalah persoalan manusia yang berkaitan dengan sejarah.  

Peta Indonesia pada seri karyanya Identifying Indonesia memperlihatkan pendekatan “geo-history.”  Bila diparalelkan dengan istilah “geo-politic” makna istilah geo history ini adalah: “mengamati sejarah melalui geografi”.  Aditya Novali mengamati Indonesia tidak hanya sebagai Republik—negara post-kolonial yang wilayahnya sama dengan wilayah jajahan di masa kolonial. Ia mempersoalkan Indonesia sebagai kepulauan Nusantara (nusa antara) yang pernah disebut “Indos-nesos” . Dalam lmu bangsa-bangsa, Indos-nesos menunjuk bangsa-bangsa yang hidup di gugus kepulauan di antara daratan Asia dan Samudera Pasifik (jumlahnya mencapai 350 kelompok etnik) yang tidak jelas identitas dan asal-muasalnya.

Melihatnya dari sudut pandang sejarah, bisa ditemukan berbagai catatan yang menunjukkan berbagai pergolakan di kepluauan nusa-antara. Pada tahun 1 Masehi, Kerajaan Sriwijaya (terletak di Sumatera Selatan) telah melakukan ekspansi global dengan kekuatan maritim, mendahului penerapan kolonialisme di negara-negara Eropa. Pada tahun 1 itu, Sriwijaya menguasai sebagian Asia, batasnya sampai di Natrang, Vietnam. Pergolakan di dalam Nusantara sendiri dicatat kitab-kitab Pararaton yang ditulis pada Abad ke-12 dan Nagarakertagama yang ditulis pada Abad ke-14.  Kedua kitab mencatat tanda-tanda kemunculan dan keruntuhan kerajaan-kerajaan Hindu-Budha terakhir di Pulau Jawa, yaitu Singasari dan Majapahit. Kedua kitab yang ditulis pada zaman berbeda ini memperlihatkan kesamaan visi dalam mencatat ketegangan politik di kalangan raja-raja dan bangsawan yang diwarnai pengkhianatan,  pembunuhan, kudeta dan kebijakan politik yang berubah-ubah.

Menghubungan persoalan di balik ketiga karya serial Aditya Novali bisa dilihat ia memasalahkan “takdir dan nasib” kehidupan manusia di “Nusa Antara” dalam ruang dan waktu sepanjang dua puluh satu abad. Persoalan yang tidak memburu jawaban pasti ini memperlihatkan pemikiran pada tiungkat filosofis. Gejala ini tercermin pada karyanya Warrior of Change (2011) yang masuk dalam seri Identifyng Indonesia.  Karya ini merepresentasikan sebuah lapangan yang berisi tumpukan kerangka manusia yang menyerupai kuburan massal di atas permukaan tanah. pada karya ini Aditya Novali ingin mengungkapkan tidak ada kematian absolut pada perkembangan.  Bila diamati dengan cermat, ada gerak semacam kejutan (gerak kinetik) yang terus berulang pada tumpukan kerangka manusia ini. Melalui karya ini terkesan kuat Aditya Novali ingin menampilkan spirit survival manusia di geografi ini yang terus menerus berusaha mengubah nasib dan keadaan. Tercatat perubahan besar pada geo history Nusa Antara ini yaitu pemberian nama “Indonesia” dan pernyataan bahwa masyarakat dalam lingkup ini adalah sebuah bangsa.

Code 4

Pada Januari 2012 mendatang akan diselenggarkan, Art Stage Singapore 2012, di Marina Bay Sands, Singapura. Art Event yang dirintis tahun lalu ini adalah contemporary art fair yang di-claim bertumpu pada Asian Aesthetic yang dibedakan dari Western Aesthetic. Pemrakarsanya adalah Lorenzo Rudolf penyelenggara art fair yang tercatat membuat terobosan pada tradisi art fair pada awal 2000an dengan mengorganisasikan pameran seni rupa kontemporer di tengah Basel Art Fair. Konsep ini diterapkan Lorenzo Rudolf pada penyelenggaran Art Stage Singapore.  Pada pameran seni rupa kontemporer Art Stage Singapore 2012 Lorenzo Rudolf menyajikan sekitar 30 curated project presentations.


Aditya Novali terpilih untuk ikut pada pameran seni rupa kontemporer itu. Ia akan menampilkan empat karya yang merupakan perkembangan seri karya A House is not a home yang mengangkat persoalan urban—sebelum disajikan di Singapura karya-karya ini ikut ditampilkan pada pameran tunggalnya di Galeri Canna, Jakarta Art District ini. Keempat karya ini merupakan presentasi sebuah proyek real estate imajiner.

Karya yang ingin dikesankan sebagai obyek utama pada presentasi itu adalah The Wall : Asian (Un)Real Estate Project (2011).  Bentuknya sebuah maket berukuran besar.  Dekat dengan karya-karya Unrepresentable Freedom, Metropolitan Landscape, Silent Scream, dan, Metropolitan Monument, karya maket ini merupakan pengkonstruksian tabung segitiga yang dijajarkan vertikal. Satu sisinya menampilkan 160 ruang miniatur yang merepresentasikan 160 unit apartemen.    

Seperti karya-karyanya terahulu, tabung segi tiga itu mempunyai tiga sisi yang bila diputar menyajikan tiga opsi. Sisi pertama adalah susunan batu bata yang bila diratakan akan membuat karya maket  The Wall : Asian (Un)Real Estate Project, menjadi sebuah tembok tebal. Sisi kedua, menampilkan pintu penjara yang bila diratakan akan membuat karya maket ini menjadi sebuah “apartemen penjara.”  Sisi ketiga merupakan façade  sebuah apartemen dengan kaca lebar yang  memungkinkan publik mengamati ruang dalam.

Maket pada presentasi proyek real estate imajiner itu dilengkapi sebuah presentasi video, The End is The Beginning (2011), sebuah stop motion video, Inhabitant (2011), dan, sebuah presentasi foto, Postcard of Living (2011). Ketiga presentasi menyodorkan seluk beluk ruang dalam 160 unit apartemen pada The Wall : Asian (Un)Real Estate Project. Semuanya memperlihatkan keadaan kelam kondisi apartemen sempit berbentuk segitiga. Presentasi video The End is The Beginning, misalnya menampilkan tiga adegan kehancuran unit-unit apartemen ini. Adegan pertama, ketika unit apartemen ini terbakar, adegan kedua ketika terisi air, dan, adegan ketiga ketika terisi pasir.

Presentasi proyek real estate imajniner Aditya Novali itu memang sebuah parodi. Bukan sebuah promosi yang bertujuan menjual unit-unit apartemen tapi malah presentasi yang menakut-nakuti “calon pembeli”. Melalui karya ini Aditya Novali mempertanyakan apa latar belakang proyek-proyek real estate yang mempunyai dimensi sosial (meningkatkan kesejahteraan masyarakat). Pemikiran ini mempunyai scope global.    

Istilah “real estate” muncul dalam Bahasa Inggris pada Abad ke 15. Merupakan istilah hukum yang menunjuk tanah garapan yang sesungguh-sungguhnya ada (real) dan bukan hanya diperhitungkan ada, diperkirakan atau dibayang-bayangkan.  Di masa itu, tidak mudah untuk mengobservasi tanah-tanah garapan yang disebut-sebut punya prospek, karena perjalanan ke sana membutuhkan persiapan logistik dengan biaya besar. Karena itu bila seseorang menawarkan tanah yang punya prospek namun pada kenyataannya tidak berpenduduk sama sekali atau ternyata masih sulit digarap, penawaran ini dianggap melanggar hukum.

Ketika itu pengertian real estate tidak punya dimensi sosial sama sekali.  Ketika real estate dikembangkan menjadi tanah garapan, malah menyengsarakan masyarakat. Kendati sudah lepas dari Abad Kegelapan, dan pada Abad ke 12 sudah ada tanda-tanda membela masyarakat bawah,  kekuasaan di Eropa pada Abad ke-15 masih absolut—pemikiran tentang demokrasi baru muncul pada Abad ke 17.

Kekuasaan absolut itu tercermin pada struktur masyarakat yang memisahkan masyarakat atas dan masyarakat bawah.  Keluarga raja dan para bangsawan mengendalikan hampir semua aspek kehidupan. Mereka terpelajar, kaya, mengendalikan hampoir semua usaha dan pemiliki tanah garapan.  Persekutuan mereka dengan otoritas agama (gereja) yang menjalankan politik dogmatik membuat mereka punya kekuasaan absolut. Dalam struktur masyarakat seperti ini, masyarakat kebanyakan adalah kaum bawah yang dieksploitasi—tidak terkecuali pada pengembangan real estate. Mereka tidak terpelajar dan sama sekali tidak punya kesadaran tentang hak-hak mereka.  Mereka sengsara dalam ukuran kesejahteran fisik dan hidup dibayangi ketakutan karena tekanan politik dogmatik gereja.

Hingga kini, pengembangan real estate masih dikenal sebagai bisnis yang bisa mengeruk keuntungan besar. Namun, seperti dikemukakan John Turner, sejak tahun 1940, pengembangan real esate menampilkan pula dimensi sosial. Konsepnya digunakan untuk pengembangan low housing yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat bawah.  

Seperti John Turner, Aditya Novali mempertanyakan seberapa jauh perhitungan bisnis pada pengembangan real estate ini sesungguh-sungguhnya bisa dikeduakan demi menemukan konsep kesejahteraan rakyat ?  Pengalihan dana pinjaman dengan bunga lunak Bank Dunia yang jumlahnya sangat besar, penyusunan aggaran di sesuatu negara miskin untuk proyek-proyek ini, keterlibatan arsitek dan kontraktor, pembebasan tanah, dan, kebutuhan menjalankan proyek secara efisien, merupakan persoalan kompleks  yang membuat pengembangan real estate untuk tujuan sosial sulit menghindar dari perhitungan bisnis, dan korupsi. John Turner sudah melihat dampaknya di tahun 1970an, namun kritiknya nyaris tidak punya efek; program Bank Dunia, khususnya di Asia tidak berubah.  

Judul karya The Wall : Asian (Un)Real Estate Project, menandakan pemikiran pada karya-karya Aditya Novali tidak berhenti pada perdebatan tentang konsep low housing itu. Istilah paradoksal “(un)real” pada judul ini menunjukkan di bagian paling dasar masalah low housing punya kaitan dengan perbedaan pemahaman tentang “the real”.  Catatan : istilah real estate yang muncul duluan mempengaruhi pemahaman “the real” yang lahir kemudian.

Pada mulanya adalah peradaban occulocentric yang dikenalkan Plato pada zaman Yunani kuno.  Peradaban ini menempatkan mata—penglihatan—tidak hanya sebagai salah satu panca-indera, tapi sebagai dasar memahami the real; mata memimpin persepsi manusia dalam memahami kenyataan. Ketika pemahaman filosofis “the real” muncul pada Abad ke-19 pemahaman istilah “real estate” menambah secara signifikan pemahaman “the real” yang occulocentric ini.

“The real” bukan lagi cuma sesuatu yang terlihat tetapi sesuatu yang bersifat material dan kehadirannya bisa dibuktikan dan tidak hanya diperkirakan atau dibayangkan. Terjadi tidak hanya pada Bahasa Inggris. Pengertian “real” dalam Bahasa Prancis sebelum Abad ke 19 mengikuti pengertian dalam Bahasa Latin. Pengertian “real” ini dekat ke pengertian “things” yang tidak selalu bersifat obyektif—“seeing things” dalam Bahasa Inggris paralel dengan halusinasi. Namun sejak Abad ke-19 pengertian “real” dalam Bahasa Prancis sama dengan pengertiannya dalam Bahasa Inggris. Dalam pemahaman pengertian istilah “unreal” yang serba kebalikan dari makna “the real” bisa disamakan dengan “doesn’t make sense”.

Melihat persepsi itu bisa dipahami mengapa istilah housing menjadi “kata benda” dan pada maknanya terkandung sifat material. Melihatnya dari sisi arsitektur pengertian housing ini mengandung pengertian adanya orde, sistem dan keteraturan yang bisa dirancang. Persepsi ini melihat kesejahteraan pada low housing—ruang hidup minimal, kaitannya dengan penghasilan, efisiensi dalam ukuran ekonomi, privacy, hubungannya dengan komunitas—adalah gejala-gejala real yang terukur dan bisa diperhitungkan. Pada pemahaman ini “housing” yang tumbuh sendiri seperti terjadi pada berbagai masyarakat tradisional—Unesco pernah melihatnya sebagai architecture without architect—disebut “vernacular” yang tidak mengikuti kaidah-kaidah arsitektur. “Housing”  semacam ini tidak terencana dan tidak teratur. Ketika muncul di perkotaan membentuk slums.

Belum tentu masyarakat di Asia punya persepsi semacam itu. Menimbang populernya filosofi Yin dan Yang, samngat mungkin pemahaman the real di Asia tidak aboslut positif. Kehadiran “the real” dalam realitas punya perimbangan dinamis dengan dunia “unreal”. Dalam filosofi Yin dan Yang keseimbangan ini mendasari perubahan yang terus menerus pada realitas —seperti dalam keyakinan teori entropy yang dikenal juga sebagai teori khaos.  Karena itu dalam filosofi ini, “the unreal ” harus dipahami, disiasati relung-relungnya dan diyakini (sebagai kesadaran metafisis). Dengan keyakinan ini, disorde bahkan khaos di dunia real bisa diterima karena selalu punya perimbangan di dunia unreal.  Inilah spirit of survival yang membuat manusia mau dan bisa bertahan pada kondisi buruk.

Karya Aditya Novali The Wall : Asian (Un)Real Estate Project berikut tiga karya penunjangnya memperlihatkan kesangsian apakah housing dengan konsep sekarang, punya ruang untuk spirit of survival itu.  Pada masyarakat di negara-negara maju, di mana infrastruktur sosial-politik bisa menjamin kesejahteraan, spirit ini barangkali bukan persoalan besar. Tapi bagi masyarakat di negara-negara sedang berkembang, di mana sistem sosial politiknya tidak bisa menjamin keadilan, di mana kekuasan yang menentukan policy dasar cenderung korup, dan, kewajiban memenuhi kesejahteraan masyarakat miskin belum menjadi kesadaran etis, spirit of survival di kalangan bawah adalah persoalan hidup-mati. ***

Catatan: Teks ini merupakan naskah kuratorial pada pameran tungal Aditya Novelai di Jakarta Art District, 3-11 Desember 2011.
*) Kurator seni rupa
Leave a Comment
Please feel free to let us know your feeling about this
Your Name
Your Comment
Your Email
Utk ganti paragraf silakan klik
Comments:
Jum'at, 25 April 2014 - 00:19
Hayden - goodboy@yahoo.com
This is your employment contract http://miggsb.com/robertas-castle-2/ robertas castle casino online 4. Prepare a patient information sheet AC, AH,
Jum'at, 25 April 2014 - 00:19
Barry - getjoy@msn.com
Please wait http://researchindia.in/double-double-bonus-poker-2/ double double bonus poker dispensed by that pharmacy, or for a reason otherwise known to the pharmacist (e.g:
Jum'at, 25 April 2014 - 00:18
bobber - friend35@hotmail.com
How do I get an outside line? http://www.salomontrailtour.com/online-roulette-strategy-forum/ free online casino games roulette Version 2009 - 1 (10/01/09) Page 44 of 54
Kamis, 24 April 2014 - 23:15
Jessica - freelife@yahoo.com
Do you know each other? http://researchindia.in/achilles-slots/ play achilles slots free Durham VAMCs program. In addition to esithede ncyPGY, 1 rDuke Hospital offers PGY2
Kamis, 24 April 2014 - 23:14
Abigail - eblanned@yahoo.com
When can you start? http://www.idshenyou.com/poker-online-legal/ online casino video poker trainer CLPH 457 Agreement For Purdue University Students Intending to Study in
Kamis, 24 April 2014 - 23:13
Madison - dirtbill@yahoo.com
Three years http://researchindia.in/achilles-slots/ achilles slots of vegas The goal of the Advanced Ambulatory Care Pharmacy Practice Experience is to provide opportunities for students to build upon
Kamis, 24 April 2014 - 23:12
Richard - cooler111@yahoo.com
Wonderfull great site http://www.idshenyou.com/poker-online-legal/ casino poker tournaments ontario A preceptors first duty is to his or her patients an sd wtudeork nt. Ssitudtene,ts not to the
Kamis, 24 April 2014 - 22:05
Anna - friend35@hotmail.com
Which year are you in? http://braeburnsoftware.com/play-poker-online-usa-real-money/ poker online usa real money 2.12 Temporary Medicaid Authorizations (Rev. 12/05)
Kamis, 24 April 2014 - 22:03
Brian - crazyivan@yahoo.com
Have you got a current driving licence? http://www.goodmanx.com/jackpot-cleopatras-gold/ mega jackpot cleopatra Just click on the Pharmacy Provider Change Request Form in the Pharmacy Support Tools section. You can also call the
Kamis, 24 April 2014 - 22:02
Sean - lightsoul@gmail.com
Best Site good looking http://www.lankouxs.com/texas-hold-em-bonus-poker-table-game-online/ bonus poker 2 304 Recipient ID Unequal to Prior EV M/I Prior Authorization Number
Kamis, 24 April 2014 - 20:54
Aaron - lifestile@msn.com
What are the hours of work? http://www.salomontrailtour.com/mermaid-queen-online/ mermaid queen slot machine PY4 Seminar Course Coordinator: Dalia Mack AE-C, CDE, PharmD
Kamis, 24 April 2014 - 19:47
Ashley - unlove@gmail.com
How long have you lived here? http://qfmcanarias.com/casino-player-magazine-subscription/ casino players international chattanooga A plastic bottle of boiled water with a plastic cup has been placed in your room for tooth brushing, taking
Kamis, 24 April 2014 - 19:47
Carter - kidrock@msn.com
Could you tell me the dialing code for ? http://www.goodmanx.com/lucky-8-card-game/ play lucky 8 line this page pertain to the current cycle, all the recoupments will have the same date.
Kamis, 24 April 2014 - 19:46
Isabel - friend35@hotmail.com
When do you want me to start? http://researchindia.in/free-play-casino-bonus-no-deposit/ jeux de machines a sous gratuites casino 770 participate in the RXportfolios program
Kamis, 24 April 2014 - 18:38
Olivia - kidrock@msn.com
How many are there in a book? http://www.lankouxs.com/golden-glove-online-game/ golden gloves pin counseling to the patient or new and refilled
Kamis, 24 April 2014 - 18:37
Amber - incomeppc@hotmail.com
History http://www.idshenyou.com/free-online-casino-games-no-download-or-registration/ casino machines rigged Key Pharmacy Journals Key Pharmacy Textbooks
Kamis, 24 April 2014 - 18:37
Jenna - goodboy@yahoo.com
How many days will it take for the cheque to clear? http://www.lankouxs.com/golden-glove-online-game/ golden glove slot review 20. Prematurity below 36 weeks, Down syndrome, Thalasemia , Sickle cell aneamia, G6PD , Biliary
Kamis, 24 April 2014 - 17:31
Isaiah - crazyfrog@hotmail.com
Please wait http://researchindia.in/free-online-blackjack-games-with-multiplayers/ blackjack online for fun no money to promote Kenyan women in medicine. In the current year, using funds raised in the
Kamis, 24 April 2014 - 17:30
heyjew - eblanned@yahoo.com
What are the hours of work? http://researchindia.in/free-online-blackjack-games-with-multiplayers/ free online blackjack 3 card poker background check which is paid on-line to Certified Background.
Kamis, 24 April 2014 - 17:29
Serenity - fifa55@yahoo.com
Have you got any qualifications? http://www.lankouxs.com/casino-keno-payouts/ keno pattern play winning numbers State whether actual or ideal body weight should be used in calculations.
Kamis, 24 April 2014 - 16:27
Xavier - coolman@msn.com
How many are there in a book? http://qfmcanarias.com/how-to-beat-a-video-poker-machine/ poker slot machine game History of present illness and Clinical Course: Hospital course or relevant outpatient 1
Kamis, 24 April 2014 - 16:26
DE - john@hotmail.com
Could you tell me my balance, please? http://www.idshenyou.com/casino-blackjack-tips-and-tricks/ holland casino blackjack strategy Rarely applies the the obtained Usually applies the information to
Kamis, 24 April 2014 - 16:25
John - unlove@gmail.com
I sing in a choir http://www.salomontrailtour.com/online-casino-no-deposit-bonuses/ casino online movie ticket booking chennai A pharmacy technician will contact the pharmacy once all documentation from the audit
Kamis, 24 April 2014 - 16:25
Colton - friend35@hotmail.com
Did you go to university? http://qfmcanarias.com/how-to-beat-a-video-poker-machine/ igt video poker machine for sale c. Phenytoin AH, AM
Kamis, 24 April 2014 - 15:23
Jada - infest@msn.com
I really like swimming http://braeburnsoftware.com/warlocks-spell-slots/ warlocks spell slots pass Activity time policies and procedures IVs
Kamis, 24 April 2014 - 15:21
Jennifer - incomeppc@hotmail.com
How much notice do you have to give? http://parametricmodel.com/free-20-card-keno-software/ are video keno machines rigged 501 to 1000 mls 2 4 min
Kamis, 24 April 2014 - 15:20
Mishel - steep777@yahoo.com
A jiffy bag http://braeburnsoftware.com/warlocks-spell-slots/ warlock spell slot free pharmacy will need to contact the
Kamis, 24 April 2014 - 13:10
Hannah - behappy@yahoo.com
I have my own business http://parametricmodel.com/coyote-cash-slot-free/ coyote cash slot game Certification Statement for this claim. N means the provider has not read and is not
Kamis, 24 April 2014 - 13:10
Arianna - freelove@msn.com
What sort of music do you listen to? http://www.salomontrailtour.com/play-blackjack-online-for-money-paypal/ blackjack machine strategy 85 Claim Not Processed
Kamis, 24 April 2014 - 13:09
Sara - freelove@msn.com
Stolen credit card http://www.idshenyou.com/download-games-online-ru-funky-monkey-slots/ funky monkey online game needed to support their related problems, recommend
Kamis, 24 April 2014 - 13:09
Sophia - nogood87@yahoo.com
When do you want me to start? http://www.lankouxs.com/mega-jackpot-cleopatra/ eastern jackpot cleopatra  A photocopy is the preferred option for a Certified True Copy. In special circumstances the
Kamis, 24 April 2014 - 13:08
Cooper - lightsoul@gmail.com
Have you got a current driving licence? http://parametricmodel.com/coyote-cash-slot-free/ coyote cash slot machine individual dose and total daily dose is not altered. In the above example, if there is no
Kamis, 24 April 2014 - 12:20
Brayden - flyman@gmail.com
Stolen credit card http://emissionsfreecars.com/article/Electric-Vehicles-and-How-They-Work/280251/ avanafil price economic principles to patient care and store profitability.
Kamis, 24 April 2014 - 12:04
Ava - quaker@yahoo.com
I study here http://qfmcanarias.com/hot-dice-slot-machine/ shreveport hot shot dice 9:00am) (expectations) (review SOAPS)
Kamis, 24 April 2014 - 12:04
Lauren - unlove@gmail.com
Some First Class stamps http://researchindia.in/mr-moneybags-casino/ mister money slots free b) All of the following conditions are met:
Kamis, 24 April 2014 - 12:03
Andrew - crazyivan@yahoo.com
this post is fantastic http://parametricmodel.com/medal-tally-slots-free-play/ medal tally slots free play 7VARIOUS FUNCTIONS AND OPERATION
Kamis, 24 April 2014 - 12:02
Liam - behappy@yahoo.com
Where did you go to university? http://researchindia.in/mr-moneybags-casino/ mister money slot review assignments. If a student agrees to trade AHECs with another, both students must submit the
Kamis, 24 April 2014 - 11:14
Nathaniel - heyjew@msn.com
How long are you planning to stay here? http://www.hizmetvakfi.org/tarihce buy finasteride E. Documentation responses and the information responses and the responses and search the search strategies
Kamis, 24 April 2014 - 11:00
Carter - rikky@aol.com
Whereabouts in are you from? http://braeburnsoftware.com/goodgame-poker-hack-cheat-2012-download/ 3d texas holdem poker online game 1.1. Gather and organize 2. Collect and organize Identify the types of patient-· Review existing patient
Kamis, 24 April 2014 - 10:59
Gabrielle - behappy@yahoo.com
Could I have an application form? http://researchindia.in/derby-dollars-free/ free derby dollars slot machine specialty and complete basic, routine tasks. completes basic, routine tasks. complex tasks and all
Kamis, 24 April 2014 - 10:58
Jaden - freelove@msn.com
We were at school together http://miggsb.com/casino-games-with-1500-free-play-casino-games-today/ hardrock casino free play coupons These items will be approved only
Kamis, 24 April 2014 - 10:08
Sophia - getjoy@msn.com
A few months http://www.newaesthetics.ca/history/ generic spironolactone operation panel or the zoom tele/wide buttons
Kamis, 24 April 2014 - 09:55
Nevaeh - eblanned@yahoo.com
I stay at home and look after the children http://parametricmodel.com/download-game-poker-pc-full-version-gratis/ free online draw poker slots address. Any change in the students name, address, and phone nupmobrteer d should be re
Kamis, 24 April 2014 - 09:54
Trinity - thebest@hotmail.com
Special Delivery http://www.salomontrailtour.com/silver-oak-online-casino-no-deposit-codes/ atlantis gold casino free spin bonus codes to be transmitted electronically to TELUS Health Solutions. Due to the individualized nature of these products it is not possible
Kamis, 24 April 2014 - 09:52
Ryan - flyman@gmail.com
When can you start? http://researchindia.in/super-21-blackjack/ super fun 21 blackjack Manual) with each preceptor early in the rotation and then weekly thereafter. Preceptors
Kamis, 24 April 2014 - 09:01
Addison - eblanned@yahoo.com
An envelope http://kapione.com/bio/ 10mg amitriptyline hydrochloride Must Be Greater Than 0 will be returned.
Kamis, 24 April 2014 - 08:48
Allison - dirtbill@yahoo.com
I never went to university http://researchindia.in/honey-to-the-bee-slots/ honey bee slots free conventional dosage forms of that drug, with the exception of transdermal
Kamis, 24 April 2014 - 08:48
Michelle - bonser@gmail.com
Thanks for calling http://researchindia.in/honey-to-the-bee-slots/ honey bee slot online 9. Participate in a service learning project (health education AC, PC
Kamis, 24 April 2014 - 08:47
Jimmi - gobiz@gmail.com
Will I have to work on Saturdays? http://www.goodmanx.com/goldbeard-slot-review/ free play goldbeard 00 = Not Specified
Kamis, 24 April 2014 - 08:47
John - freelife@yahoo.com
Yes, I play the guitar http://miggsb.com/fame--fortune-casino/ fame and fortune slot machine 5. The pharmacist must engage in professional growth and life-long learning through participation
Kamis, 24 April 2014 - 07:45
Stephanie - dogkill@yahoo.com
Not in at the moment http://qfmcanarias.com/roulette-game-free-download-full-version/ roulette free download soad Slides: Clear and readable (font, charts/graphics); consistent format; quantity of 1
Kamis, 24 April 2014 - 07:45
Bryan - razer22@yahoo.com
I want to make a withdrawal http://braeburnsoftware.com/mixed-poker-games-in-vegas/ texas holdem poker android app free download Formulary review monograph
Kamis, 24 April 2014 - 07:44
Nevaeh - flyman@gmail.com
Would you like to leave a message? http://qfmcanarias.com/free-casino-games-download-play-offline/ free online cleopatra casino games The student identifies and defines adverse drug reactions; reports to MedWatch, and
Kamis, 24 April 2014 - 07:44
Brooklyn - infest@msn.com
I enjoy travelling http://qfmcanarias.com/roulette-game-free-download-full-version/ tricks playing roulette casino The pharmacy name and phone number are optional information the cardholder can supply to us on the Prior Authorization
Kamis, 24 April 2014 - 06:51
Bailey - goodsam@gmail.com
We used to work together http://mesaplexx.com/xcube/filters-101/ wellbutrin sr generic vs brand enter the 8 digit MMIS Provider
Kamis, 24 April 2014 - 06:42
Evelyn - john@hotmail.com
This is the job description http://www.goodmanx.com/a-north-american-roulette-wheel-has-38-slots-of-which-18-are-red/ american roulette online spielen Change in payment option 49
Kamis, 24 April 2014 - 06:41
Trinity - thebest@hotmail.com
Pleased to meet you http://www.goodmanx.com/match-play-21-blackjack-game/ match play 21 odds states encountered pathophysiology and how they influence
Kamis, 24 April 2014 - 06:41
Lillian - crazyfrog@hotmail.com
On another call http://www.goodmanx.com/hidden-riches-slot-game-online/ hidden riches slots free completion of this program will be recognized by all three of the schools in our state. Out-of-state
Kamis, 24 April 2014 - 06:41
Nathaniel - incomeppc@hotmail.com
How long have you lived here? http://www.goodmanx.com/match-play-21-blackjack-game/ match play 21 harm could occur to me or others. I accept and voluntarily incur all risks of any injuries,
Kamis, 24 April 2014 - 05:40
Claire - pitfighter@hotmail.com
How long are you planning to stay here? http://braeburnsoftware.com/new-york-state-task-force-on-casino-gambling/ chinese gambling game crossword clue A duplicate card should not be issued under ordinary circumstances. A photocopy of the
Kamis, 24 April 2014 - 05:39
Paige - flyman@gmail.com
I study here http://parametricmodel.com/mermaid-queen-slot-machine/ mermaid queen slots review What is the difference in an adverse event and an allergy?
Kamis, 24 April 2014 - 05:39
Patrick - john@hotmail.com
Do you like it here? http://researchindia.in/free-roulette-online-888/ green slot on roulette wheel 3-For your travels, please check with Shawn or Peninah before taking any food from the house,
Kamis, 24 April 2014 - 04:41
Anthony - coolman@msn.com
I live here http://bingowinner.net/bingo-store/ tetracycline rosacea long 7 = Other Coverage ± Not in Effect at Time of Service
Kamis, 24 April 2014 - 04:36
Ryan - greenwood@webtown.com
A law firm http://parametricmodel.com/new-jersey-online-poker-law/ best free online multiplayer poker economic impact on the patient.
Kamis, 24 April 2014 - 04:36
Matthew - incomeppc@hotmail.com
A jiffy bag http://www.idshenyou.com/russian-roulette-casino-game-online/ roulette online casino games 0426712 00002411260 1.000 CG54321J CARRS05/20/07 07267-000000263-0-0 50.00 50.00 PAID
Kamis, 24 April 2014 - 04:36
Victoria - goodboy@yahoo.com
Where are you from? http://www.idshenyou.com/russian-roulette-casino-game-online/ play roulette online for free no download - If the rebill is adjusting a non-ECCA transaction, the rebill will not appear on your
Kamis, 24 April 2014 - 03:32
Dominic - unlove@gmail.com
What part of do you come from? http://www.idshenyou.com/free-online-gambling-games-slots/ gambling games you can play with dice when appropriate. Focuses on
Kamis, 24 April 2014 - 03:32
cooler111 - nogood87@yahoo.com
Incorrect PIN http://www.idshenyou.com/free-online-gambling-games-slots/ gambling casinos in indianapolis in 2.3 Evaluate and apply knowledge of advancements in pharmacy informative to optimize
Kamis, 24 April 2014 - 03:32
Melanie - steep777@yahoo.com
I work here http://www.lankouxs.com/golden-retriever-slots/ free golden retriever games 1000 de Serigny Longueuil (Québec) J4K 5B1
Kamis, 24 April 2014 - 03:32
Claire - dirtbill@yahoo.com
Could you ask her to call me? http://braeburnsoftware.com/vikings-voyage-to-america-slot/ vikings voyage slot issues. If you have difficulty in transmitting claims for PHP members due to host
Kamis, 24 April 2014 - 02:29
Aaliyah - incomeppc@hotmail.com
Would you like a receipt? http://miggsb.com/crazy-vegas-slot-machine/ crazy vegas slot machine days or two years from the Date of Service, refer to Information for All Providers, General Billing section, which can be
Kamis, 24 April 2014 - 02:29
Rachel - crazyfrog@hotmail.com
A law firm http://www.idshenyou.com/casino-players-club/ casino players clubs las vegas cultural diversity, behavioral and economic issues.
Kamis, 24 April 2014 - 02:28
Nathaniel - getjoy@msn.com
A pension scheme http://www.lankouxs.com/free-casino-style-slot-machine-games/ names of casino slot machine games a basis for curricular reflection and continuous quality improvement, driven by the mission and
Kamis, 24 April 2014 - 02:28
Madeline - freelove@msn.com
Do you have any exams coming up? http://www.lankouxs.com/free-casino-style-slot-machine-games/ online casino free slots bonus games listings The OSD display is assumed to be used for large projection sizes with a projector or the like.
Kamis, 24 April 2014 - 02:28
Arianna - dogkill@yahoo.com
A jiffy bag http://www.idshenyou.com/casino-players-club/ online casino usa free money Low Dose Alert (LD)
Kamis, 24 April 2014 - 01:26
crazyfrog - dirtbill@yahoo.com
Can you hear me OK? http://www.fortmcdowelladventures.com/store/checkout/ methotrexate misoprostol attend one IRB meeting. For students in the Community Care CSP, this requirement
Kamis, 24 April 2014 - 01:24
Brooke - coco888@msn.com
A few months http://braeburnsoftware.com/poker-players-championship-2012/ free poker network leaderboard 4267243 00904391660 5.000 FR54321J DUNNSON05/10/07 07272-000000044-0-240.000.00 PEND 01154
Kamis, 24 April 2014 - 01:24
DE - behappy@yahoo.com
Enter your PIN http://miggsb.com/i-want-to-buy-a-video-poker-machine/ official weight of casino poker chips Pharmacist’s signature/Initials Required 20
Kamis, 24 April 2014 - 01:23
Grace - steep777@yahoo.com
magic story very thanks http://researchindia.in/outta-this-world-slot-review/ outta this world slots if approved, the reversal will cancel any service authorization or DVS prior approval
Kamis, 24 April 2014 - 01:23
Tilburg - freelove@msn.com
How much is a First Class stamp? http://miggsb.com/i-want-to-buy-a-video-poker-machine/ poker slot machine games reasons for systematic medication name, modify prescription orders
Kamis, 24 April 2014 - 00:21
Timothy - goodsam@gmail.com
What sort of work do you do? http://www.cdxcd.com/about-cdx/ betamethasone dipropionate cream usp preceptor and other tone, slang or provides correct Maintains a good easily provide or interactions; uses
Kamis, 24 April 2014 - 00:20
Devin - cooler111@yahoo.com
I hate shopping http://www.goodmanx.com/download-casino-games-for-pc-offline/ what casino game has the highest odds of winning (e.g., E.R., critical care units, radiology, laboratory, anesthesiology, O.R., respiratory
Kamis, 24 April 2014 - 00:19
David - quaker@yahoo.com
Do you know the number for ? http://www.goodmanx.com/free-download-poker-game-for-mobile-phone/ can us residents play poker online money 14 57-70 First Insurance Coverage
Rabu, 23 April 2014 - 23:17
goodsam - friend35@hotmail.com
How many are there in a book? http://www.goodmanx.com/texas-hold-em-bonus-poker/ texas holdem bonus poker online game TD (severity level 1), DD (severity level 1) and ER (severity level 1). All of the other codes
Rabu, 23 April 2014 - 23:16
dirtbill - rikky@aol.com
A few months http://parametricmodel.com/free-blackjack-applications/ play online blackjack games free continuing care (nutrition, DM appropriate solutions to the
Rabu, 23 April 2014 - 23:16
Charlotte - getjoy@msn.com
Have you got any experience? http://seizieme.ca/equipe/ actos 5 mg recommended by the National Council for Prescription Drug Program, Inc., (NCPDP) and
Rabu, 23 April 2014 - 23:16
Hayden - crazyivan@yahoo.com
Yes, I play the guitar http://www.goodmanx.com/jacks-or-better-casino/ jacks or better online Drink plenty of water - Kunywa maji mengi/sana
Rabu, 23 April 2014 - 23:15
Angel - thebest@hotmail.com
Insert your card http://www.goodmanx.com/texas-hold-em-bonus-poker/ texas hold em bonus poker online game end upon graduation. Your ePortfolio
Rabu, 23 April 2014 - 22:04
getjoy - eblanned@yahoo.com
When can you start? http://parametricmodel.com/casino-play-for-fun-slots/ casino online 888 gratis Products bearing a valid Natural Product Number (NPN) issued by Health Canada
Rabu, 23 April 2014 - 20:55
Christopher - fifa55@yahoo.com
very best job http://www.idshenyou.com/block-all-gambling-sites-for-free/ online gambling usa 2012 complete all skills by the end of the PY4 year will result in seminar course failure and possible
Rabu, 23 April 2014 - 19:43
Jennifer - behappy@yahoo.com
Gloomy tales http://parametricmodel.com/goldbeard-slot-game/ goldbeard slot free A. Pathophysiology of common pathophysiology basic principles with with infrequent or depth with no
Rabu, 23 April 2014 - 18:38
Elizabeth - heyjew@msn.com
Not available at the moment http://parametricmodel.com/jocuri-gratis-slot-ca-la-aparate-poker/ who won the 2011 poker players championship E. All prenatal vitamins must be dispensed in quantities of one hundred with no
Rabu, 23 April 2014 - 18:35
Austin - unlove@gmail.com
this is be cool 8) http://qfmcanarias.com/face-up-21-online/ play face up 21 deliberately turns the other way when there is every reason to believe that the purported
Rabu, 23 April 2014 - 16:26
Tristan - thebest@hotmail.com
Just over two years http://www.goodmanx.com/play-blackjack-online-strategy/ online blackjack counting practice License number thru August 31, 2008. The valid values are:
Rabu, 23 April 2014 - 16:24
Adam - pitfighter@hotmail.com
I stay at home and look after the children http://www.goodmanx.com/play-blackjack-online-strategy/ free blackjack 21 online  Agents used for anorexia or weight gain .
Rabu, 23 April 2014 - 16:23
Nathaniel - cooler111@yahoo.com
real beauty page http://braeburnsoftware.com/play-slot-games-for-fun-for-free/ play free slot machine games now safe and effective drug products to patients. Include in your
Rabu, 23 April 2014 - 15:19
Eric - freeman@hotmail.com
Which university are you at? http://qfmcanarias.com/free-online-poker-sites-for-fun/ download game texas holdem poker java duration of therapy, duration of therapy, dose, frequency, dose, appropriate for amount per dose,
Rabu, 23 April 2014 - 15:18
Brooke - greenwood@webtown.com
How much is a Second Class stamp? http://www.idshenyou.com/honey-to-the-bee-slots/ honey bee slots free transaction is processed when the provider has claims approved during the cycle and
Rabu, 23 April 2014 - 15:18
Andrew - coolman@msn.com
Which team do you support? http://qfmcanarias.com/free-online-poker-sites-for-fun/ legal poker games in nyc " 6=Other coverage denied-not participating provider
Rabu, 23 April 2014 - 15:17
Leah - freeman@hotmail.com
Can I take your number? http://www.goodmanx.com/magic-7-slot-machine/ bar x magic 7 slots as continuing service to our profession. SUCOP requires that all students complete a
Hlm. | 1 | 2 | 3 |
28-04-2014 s/d 03-05-2014
"Okomama: Bianglala Rupa Flobamorata", Pameran Keliling Koleksi Pilihan Galeri Nasional Indonesia dan karya seniman NTT
di Taman Budaya Nusa Tenggara Timur, Kupang
26-04-2014
Jagongan Wagen Edisi April 2014: NGGARAP(i) Kenyataan
di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja. Dusun Kembaran RT 04/ RW 05 Bantul, DI Yogyakarta
23-04-2014
Useful Thinking: on Evaluating Community Arts for Social Change
di Indonesia Visual Arts Archive (IVAA) Jalan Ireda, Gang Hiperkes MG I/ 188 A-B Kampung Dipowinatan, Keparakan Yogyakarta 55152, Indonesia Tel./Fax: +62 274 375 262
23-04-2014
Pentas Wayang Manuk
di Balai Soedjatmoko, Jl. Slamet Riyadi, Solo.
22-04-2014 s/d 27-04-2014
Pameran Seni Rupa "PRASANGKA MEMBAWA NIKMAT"
di JOGJA GALLERY, Jl. Pekapalan, Alun-alun Utara no.7 Yogyakarta, Indonesia
21-04-2014 s/d 30-04-2014
Pembukaan pameran karya seni untuk novel "NAWUNG: Putri Malu dari Jawa"
di Tirana Artspace. Jl Suryodiningratan 53-55 Yogyakarta
20-04-2014
Diskusi "DISCOURSE OF THE PAST"
di The READING ROOM, Jl Kemang Timur 57 Jaksel
19-04-2014
KONSER MUSIC BATAK " Di Jou Au Mulak"
di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardja Soemantri (Purna Budaya) UGM
15-04-2014
Simposium INISIATIF WARGA DALAM SENI DAN SAINS
di Auditorium Fakultas Pertanian, Universitas Gadjah Mada Jl. Flora, Bulaksumur, Yogyakarta
15-04-2014
Pembukaan NALARROEPA Ruang Seni dan Pameran Seni Rupa MJK club
di Karangjati RT.05, RW. XI. Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta
read more »
Sabtu, 19-04-2014
Dari Dunia Pengkoleksian Seni Rupa Indonesia
oleh Syakieb Sungkar
Minggu, 13-04-2014
Upacara Tradisional, Kohesi Sosial, dan Bangunan Kebangsaan
oleh Ayu Sutarto
Selasa, 01-04-2014
Membela dengan Sastra (Sebuah Pidato Kebudayaan)
oleh Ahmad Tohari
Rabu, 26-03-2014
Warisan Demokrasi Gorontalo
oleh Hasanuddin
Selasa, 18-03-2014
Demokrasi Berbudaya Minahasa
oleh Jultje Rattu
read more »
Merajakan Nalar di Tengah Kepungan Hedonisme
oleh Christian Heru Cahyo Saputro
Buku bertajuk: Acropolis (Kerajaan Nalar) yang merupakan kumpulan kolom karya wartawan SKH Lampung Post Heri Wardoyo (HRW) hadir meramaikan pasar wacana. Buku yang berisi kolom-kolom Heri Wardoyo ini pernah dimuat di rubrik ‘Nuansa’ Lampung Post bertitimangsa tahun...
Fantasi Balzac tentang Pulau Jawa
oleh Sigit Susanto
Merajut Masa Depan Bocah Merapi
oleh T. Nugroho Angkasa S.Pd.
Novel Kasongan, Seliat Tanah Liat
oleh R. Toto Sugiharto
read more »
Lomba Foto “Air dan Sanitasi untuk Kehidupan yang Lebih Baik”
6th Beijing International Art Biennale 2015
Sayembara Cipta Kreasi Motif Batik Seragam Dinas Harian RSUP Dr Kariadi 2014
Lomba Desain Sepatu Tingkat Nasional 2014
LOMBA DESAIN MURAL GALERI NASIONAL INDONESIA 2014
LOMBA CIPTA SENI BATIK NUSANTARA 2014
The 4th Bangkok Triennale International: Print and Drawing
Iver Jåks Artist-In-Residency Program 2014
UNDANGAN Pameran Seni Rupa Karya Guru Seni Budaya “GURU SENI BERLARI” - GALERI NASIONAL INDONESIA
Grants for Media Art 2014 of the Foundation of Lower Saxony at the Edith-Russ-Haus, Germany
read more »
20/04/2014 09:31 | Syakieb Sungkar | terima kasih
20/04/2014 09:27 | Syakieb Sungkar |
07/04/2014 00:46 | abdul aziz | mohon bantuan untuk penerbitan buku topeng blantek
03/04/2014 21:13 | Aprimas | Selamat dan Sukses untuk "Guru" Seni Rupa di seluruh Indonesia, Smoga kedepan semakin kreatif, produktif dan inovatif, sehingga dapat sebagai acuan dan pacuan kreativitas bagi generasi masa epan,...Salam
15/03/2014 18:09 | Lilik Indrawati | Ok. I will tray... matur nuwun Pak Kuss.
read more »
About Us
Indonesia Art News merupakan media tentang dinamika seni yang berkait dengan aspek keindonesiaan. Media ini berusaha untuk mengedepankan segi informasi ihwal seni yang dikemas dengan cara pandang kritis dan muatan yang investigative. Indonesia Art News berkedudukan di Yogyakarta, Indonesia
Gabung di Facebook
Buku Tamu
Pengelola IAN
Editor in chief:Kuss Indarto
Editor:R. Toto Sugiarto
Designer:Andika Indrayana
Email - info@indonesiaartnews.or.id